Maria Sharapova. (Istimewa)

Halep Kandaskan Sharapova

BEIJING (IndependensI.com) – Petenis nomor dua dunia, Simona Halep mengandaskan harapan kemenangan Maria Sharapova 6-2, 6-2 dalam tempo satu jam 12 menit di babak ketiga China Open di Beijing, China, Rabu (4/10). Kemenangan Halep sebagai balasan kekalahannya atas Sharapova di babak awal US Open. Sukses ini adalah kali pertama Halep dari delapan kali pertemuan.

Halep mencatat lima dari sembilan kali kesempatan break point dan mengambil keuntungan dari permainan yang tidak maksimal dari Sharapova. Petenis asal Rusia ini bermain tidak pada performa terbaik, dimana Sharapova mencatat 39 kali unforced error. Kekalahan straight set ini adalah kali pertama Sharapova di musim ini.

Permainan Sharapova kerap terdikte melalui bola-nola winner serta permainan agresif dari lawan. “Ini pertandingan yang luar biasa, saya bermain sangat maksimal melawan Sharapova kali ini,” ujar Halep usai berlaga. Dia menambahkan, servis yang dilakukan sangat bagus dan berjalan sesuai harapan. Dirinya melihat Sharapova bermain tidak seperti saat tampil di US Open. “Kemenangan ini adalah kali pertama dan saya sangat senang dengan momen ini,” imbuh petenis asal Rumania ini.

Sedangkan Sharapova mengakui kekalahannya dan memuji permainan Halep yang sangat baik. “Saya sudah melakukan sebisa mungkin yang bisa saya lakukan. Saya hanya perlu tetap fokus, bermain tenang dan berfikir positif saja,” ujar Sharapova. Dirinya mengaku, pertemuan kedua dari enam pekan ini memberikan banyak pengalaman baru. Pasalnya, sudah dua tahun terakhir tidak pernah bertemu dengan Halep.

“Simona bermain luar biasa. Saya rasa, ini adalah penampilan terbaik dari sebelumnya. Saya sendiri tidak bermain agresif dan sulit mengejar bola di lapangan. Saya tidak bermain bagus kali ini,” kata Sharapova seperti dikutip Reuters. Menurutnya, Halep memukul bola secara konsisten dan jarang melakukan unforced error. Persentase servis Halep cukup bagus dan menjadi modal utama untuk bermain di babak selanjutnya.

Babak perempat final, Halep akan berhadapan dengan pemenang laga antara unggulan 11 Agnieszka Radwanska melawan Daria Kasatkina, pada Kamis (5/10).

Sementara itu pada laga lainnya, juara French Open Jelena Ostapenko dari Latvia selangkah lagi masuk dalam daftar WTA Finals di Singapura, setelah mencatat kemenangan 6-3, 7-5 atas Samantha Stosur dari Australia. Petenis tuan rumah Peng Shuai menang mudah atas Monica Niculescu dari Rumania dengan skor 6-3, 6-2, Sedangkan juara Wuhan Open, Caroline Garcia dari Prancis menundukkan Elise Mertens dari Belgia 7-6(4), 6-4.