Jusuf Kalla. (Istimewa)

Wapres Serahkan Bonus ASEAN Para Games

JAKARTA (IndependensI.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan bonus bagi para atlet ASEAN Para Games dan SEA Games yang berprestasi pada peresmian countdown satu tahun ASEAN Para Games 2018 di JI Expo Kemayoran Jakarta, Jumat (6/10). Wapres menyerahkan bonus tersebut kepada perwakilan atlet, selain itu bonus juga ditransfer langsung ke rekening atlet berprestasi. Para atlet yang memperoleh medali emas mendapatkan bonus uang sebesar Rp200 juta, medali perak mendapatkan Rp100 juta dan perunggu Rp60 juta.

“Pemerintah sangat menghargai segala jerih payah yang telah diberikan, karena itu diberikan bonus yang sama antara atlet SEA Games dan Para Games,” kata Jusuf Kalla seperti dikutip Antara. “Hari ini semuanya telah ditransfer ke masing-masing rekening, kalau belum masuk lapor ke menteri karena tadi sesuai dengan instruksi harus dua hari sudah masuk. Lebih dari Rp30 miliar doberikan,” tambah Wapres.

Menurut Wapres, bonus tersebut merupakan penghargaan dari pemerintah atas prestasi para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa. Selain bonus, pemerintah juga memberikan kesempatan kepada atlet berprestasi untuk menjadi PNS. “Tentunya bagi yang berminat, mungkin ada juga yang punya usaha sendiri. Itulah dua hal penghargaan dari pemerintah,” kata Wapres.

Ke depan, pemerintah juga akan mempersingkat organisasi bidang olahraga sehingga tidak rumit lagi untuk mendapatkan bonus dan biaya yang berbelit-belit. Wapres juga mengharapkan para atlet terus meningkatkan prestasinya di ajang Asian Para Games 2018 dan terus berlatih dengan baik.

Pemerintah juga akan terus menambah bonus lebih tinggi lagi bagi para juara. Bagi atlet yang meraih emas akan diberikan bonus hingga Rp1 miliar. “Bonus ini bukan yang utama, tapi tanda terima kasih dari pemerintah. Yang utama adalah kebanggaan nasional yang telah anda berikan pada kita semua,” ujar Wapres. Terdapat enam atlet SEA Games dan ASEAN Para Games yang menerima secara simbolis, yakni Rifda Irfana Lutfie peraih medali emas cabang senam, Pipit Camelia peraih medali perak cabang pencak silat, dan Febrianto Kadir peraih medali perunggu cabang ski air.

Sementara untuk peraih medali ASEAN Para Games 2017, bonus diberikan secara simbolis kepada David Jacobs peraih medali emas cabang tenis meja, Komet Akbar peraih medali perak cabang tenis meja, dan Rohayati peraih medali perunggu cabang boling.