Pemain depan Prancis, Antoine Griezmann (kiri), mencetak gol ke gawang Belarus pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stade de France, Paris, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. (AFP)

Giezmann Pimpin Prancis ke Rusia 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Prancis lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 berkat kemenangan 2-1 atas Belarus di Stade de France, Paris, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB.

Antoine Griezmann membuka keunggulan tim tuan rumah dengan golnya di menit 27. Sekitar enam menit berselang, “les Bleus” mendapatkan gol kedua dari serangan Olivier Giroud. Belarus memperkecil ketertinggalan melalui gol balasan Anton Saroka di menit 44.

Kemenangan ini memantapkan tim asuhan Didier Deschamps di puncak klasemen akhir Grup A dengan 23 poin. Prancis keluar sebagai juara grup dengan keunggulan empat angka atas Swedia dan Belanda.

Belanda harus puas menempati urutan tiga dengan 19 poin, kalah selisih gol dari Swedia. Hasil ini amat menyakitkan buat “tim Oranye” yang menutup kualifikasi Zona Eropa dengan kemenangan 2-0 atas Swedia di Amsterdam Arena, Amsterdam. Kedua gol Belanda dipersembahkan Arjen Robben di menit 16, dari titik penalti, dan di menit 40.

Prancis sempat terseok-seok di kualifkasi sebelum menang melawan Bulgaria dan Belarus.

“Kami lolos lewat jalan yang berat. Pertandingan malam ini juga berat tapi kami bisa mencapai tujuan kami,” kata Deschamps seperti dikutip kantor berita AFP.

“Kami puas, meski wajar kami lolos dengan kualitas pemain yang saya punya,” ujarnya.

Giroud senang bisa berangkat ke Rusia 2018 tanpa melewati play-off. “Kami lega malam ini bisa mengakhiri kualifikasi dengan status lolos langsung,” kata Giroud.

“Kami memang mengejar kemenangan di pertandingan ini. Tidak mudah karena mereka tim yang kuat dan efisien menyerang hingga peluit akhir. Kami harus kerja keras untuk meraih kemenangan,” ujar pemain depan Arsenal itu.