PUPR Bangun Infrastruktur Untuk Tingkatkan Daya Saing Indonesia

JAKARTA (IndependensI.com) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan berbagai capaian pembangunan infrastruktur dalam Diskusi Forum Merdeka Barat 9 dengan tema “ 3 tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Tiga tahun Pemerintahan Presiden Jokowi – JK, pembangunan infrastruktur menjadi program prioritas nasional. Ketersediaan infrastruktur diperlukan untuk mewujudkan Nawacita dengan membangun konektivitas guna meningkatkan daya saing, membangun dari pinggiran, mendukung ketahanan pangan dan air, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada kawasan permukiman.

“Pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia semata-mata untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara tetangga sehingga daya saing kita bisa terus meningkat. Membangun infrastruktur  bukan untuk bermewah-mewahan. Wilayah Indonesia bisa menjadi lebih atraktif untuk investasi,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Daya saing Indonesia di tingkat global sendiri telah berhasil naik dari peringkat 41 tahun 2016, menjadi peringkat 36 pada tahun 2017. Demikian halnya daya saing infrastruktur sebagai salah satu pilar indeks daya saing global, juga meningkat menjadi peringkat 52 dari sebelumnya peringkat 60. Keberhasilan tersebut tidak hanya melalui pembangunan fisik infrastruktur, melainkan juga reformasi regulasi yang mengurai hambatan pembangunan.

Turut hadir sebagai narasumber lainnya Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) AAGN Puspayoga, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.