Maria Sharapova. (AFP)

Sharapova Kecewakan Publik Sendiri

MOSKOW (IndependensI.com) – Juara lima kali grand slam Maria Sharapova gagal memuaskan para pendukungnya. Bertarung di depan publik pencinta tenis di Rusia, Sharapova kandas di babak awal ajang Kremlin Cup, Moskow, Rusia, Selasa (17/10) atau Rabu (18/10). Petenis Slovakia, Magdalena Rybarikova yang menjadi unggulan delapan mengalahkan mantan petenis nomor satu itu dengan straight set 7-6 (7/3), 6-4 dalam tempo satu jam 53 menit.

Sharapova baru 48 jam tiba dari Tianjin, China, dimana dirinya menuai gelar pertama setelah 15 bulan absen karena larangan bertanding akibat doping. Petenis kelahiran Nyagan yang kini berperingkat 57 WTA itu, bermain di ajang ini dengan fasilitas wildcard. Atas kekalahan ini, Sharapova berbagi skor 1-1 dengan Rybarikova dalam head-to-head.
The Kremlin Cup was the world number 57’s eighth wildcard invitation since testing positive for the banned substance meldonium in early 2016.

“Ini pertandingan yang sulit. Saya ingin sekali tampil maksimal di Moskow, karena sudah 10 tahun absen,” ujar petenis berusia 30 tahun itu seperti dikutip AFP. “Seandainya tidak ada Kremlin Cup, mungkin saya akan istirahat. Sebab, saya bertanding lima pertandingan lima hari beruntun di China,” imbuhnya.

Lebih jauh Sharapova mengatakan, secara fisik dan mental dirinya tidak siap untuk bertanding. “Secara fisik dan mental, saya merasa sulit untuk menang hari ini. Rybarikova bermain bagus dan pintar memanfaatkan kesempatan. Dia bermain luar biasa dan semua bola dikejar,” komentar Sharapova.

Saat bertanding di set pertama, kedua petenis meminta istirahat pada posisi tiebreak setelag satu jam lebih bermain. Pertandingan berjalan sangat lambat dan kerap irama permainan Sharapova terkoreksi lawan. Memasuki set kedua, laga pun tidak terlalu banyak berbeda. Bahkan, Rybarikova berhasil mematahkan servis lawannya dan mendikte permainan lawan melalui winner akurat. “Saya seperti bermain di Fed Cup. Sulit bertanding di sini, apalagi melawan Sharapova yang menjadi bintang Kremlin Cup,” ucap Rybarikova yang tengah merenda gelar kelima sepanjang kariernya.