Suasana renovasi Stadion Madya di kawasan Gelora Bung KArno, Senayan, Jakarta. Foto diambil pada Selasa (23/10). (Istimewa)

PASI Berharap Bisa Gunakan Stadion Madya

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengharapkan penyelenggaraan kejuaraan-kejuaraan nasional baik tingkat remaja, junior, maupun senior dapat berlangsung di Stadion Madya Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

“Kami mengharapkan kejuaraan nasional tahun ini adalah kejuaraan terakhir yang berlangsung di Stadion Rawamangun, Jakarta Timur. Setelah renovasi Stadion Madya selesai, kami bersiap menggelar kejuaraan nasional di sana,” kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PASI Mustara seperti dikutip dari Antara, Selasa (31/10).

PB PASI akan menggelar Kejuaraan Nasional 2017 tingkat senior di Stadion Atletik Rawamangun pada 4-9 Desember. “Kami ingin kejuaraan nasional nanti sebagai ajang seleksi atlet-atlet pelapis pelatnas PASI. Sedangkan atlet-atlet utama adalah atlet-atlet yang telah mengikuti SEA Games 2017,” kata Mustara.

Lebih jauh Mustara mengatakan, seluruh pengurus PASI daerah telah mengonfirmasi keikutsertaan dalam kejuaraan nasional tingkat senior itu. “Kami adalah cabang olahraga terukur dengan salah satu parameter yang mudah diketahui yaitu pemecahan rekor nasional. Kami akan memperbaiki pembinaan pelatih dan atlet jika masih ada nomor-nomor perlombaan yang belum terpecahkan rekornya dalam jangka waktu lama,” kata mantan Ketua Pengurus Daerah PASI DKI Jakarta itu.

Mustara mengatakan pembinaan pelatih dan atlet telah dilakukan PASI dengan mengundang dan berkonsultasi dengan pelatih atletik asal Amerika Serikat Hary Marra. “Hary memberikan pelatihan secara langsung dan terapan agar para pelatih dan atlet punya wawasan tentang kelanjutan prestasi bagi para atlet setelah menjuarai SEA Games 2017,” katanya.

Mustara berharap Stadion Madya Senayan dapat selesai sebelum PASI menggelar kejuaraan uji coba Asian Games 2018 pada Februari. Cabang atletik menjadi satu dari sembilan cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games pada Februari. Delapan cabang lain adalah angkat besi, bola basket, bola voli indoor, panahan, pencak silat, sepak bola, taekwondo, tinju.