Ilustrasi. Kantor The Fed. (Ist))

Bertahap, The Fed akan Lanjutkan Kenaikan Suku Bunga

Loading

WASHINGTON (Independensi.com) – Beberapa pejabat Bank Sentral AS atau Federal Reserve AS memperkirakan bahwa bank sentral akan melanjutkan kenaikan suku bunga secara bertahap, di tengah inflasi dan tingkat pengangguran rendah.

“Saya pikir akan tepat untuk suku bunga naik secara bertahap selama beberapa tahun ke depan, karena posisi kebijakan kami masih sangat akomodatif daripada netral,” kata Raphael Bostic, Presiden Federal Reserve Atlanta, pada sebuah forum pada Selasa (14/11/2017) atau Rabu (15/11/2017) WIB.

Dia berpendapat bahwa lonjakan permintaan dapat mendorong ekonomi melampaui kapasitasnya yang berkelanjutan, karena ekonomi mendekati lapangan kerja penuh.

“Ini akan menekan biaya tenaga kerja, ketika bisnis harus bersaing lebih agresif dengan semakin terbatasnya jumlah pekerja yang tersedia,” kata pejabat The Fed yang akan memberikan suara pada komite pengaturan kebijakan Fed, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), tahun depan.

Dia memperkirakan ekonomi akan terus tumbuh “sedikit di atas dua persen” di masa mendatang, dan tingkat pengangguran akan tetap sekitar empat persen.

Tingkat pengangguran AS turun menjadi 4,1 persen pada Oktober, level terendah baru dalam 17 tahun terakhir, sementara indeks pengeluaran konsumsi pribadi, indikator inflasi yang disukai oleh the Fed, hanya naik 1,6 persen pada September, jauh dari target dua persen Fed.

Robert Kaplan, Presiden Federal Reserve Dallas, juga mengatakan pada Selasa (14/11) bahwa pasar tenaga kerja AS yang ketat meminta bank sentral untuk “dengan sabar, secara bertahap” memperketat kebijakan moneternya meskipun inflasi rendah terus berlanjut.

Pejabat tersebut mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Financial Times bahwa dia “secara aktif mempertimbangkan” mendukung kenaikan suku bunga jangka pendek lainnya, dalam pertemuan bank sentral bulan depan.

Kaplan yang memberikan suara pada FOMC tahun ini memperingatkan, bahwa pasar kerja yang terlalu panas bisa menciptakan ketidakseimbangan dan ekses di pasar keuangan.

Namun, ada pejabat Fed yang berpendapat bahwa bank sentral harus menjaga suku bunga pada level saat ini, mengingat rendahnya inflasi.

“Tingkat kebijakan suku bunga saat ini tepat, mengingat data makroekonomi saat ini,” kata Presiden Fed St. Louis James Bullard dalam sebuah forum pada Selasa (14/11).

Bullard mengulang kembali bahwa inflasi telah mengejutkan sisi negatif tahun ini dan bahwa “ekspektasi inflasi tetap di bawah tingkat yang secara historis sesuai dengan target inflasi FOMC.” Dia mengesampingkan dampak pengetatan pasar tenaga kerja terhadap inflasi, dan mengatakan bahwa angka pengangguran yang rendah mungkin bukan sebuah indikator inflasi berarti lebih tinggi dari perkiraan.

The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan pada 12-13 Desember. Para investor pasar sekarang secara luas memperkirakan bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga lagi pada pertemuan tersebut. (Xinhua/ant)