Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Istimewa)

Susy Susanti: Target Terpenuhi

JAKARTA (IndependensI.com) – Indonesia berhasil membawa dua gelar dari China Terbuka dan Hong Kong Terbuka melalui kemenangan pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Kevin/Marcus menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang sukses duduk di podium utama pada kedua turnamen tersebut. Menanggapi pencapaian atlet Indonesia di Fuzhou, Tiongkok dan Kowloon, Hong Kong, Kabid Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti pun angkat bicara.

“Untuk evaluasi China dan Hong Kong Open target kita terpenuhi. Terutama untuk Kevin/Gideon yang secara konsisten bisa menjuarai dua turnamen tersebut. Salut untuk mereka karena di tahun 2017 ini, bisa mengumpulkan enam gelar juara,” kata Susy seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Minggu (26/11). Selain dua gelar tersebut, Indonesia juga menempatkan pasangan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro sebagai semifinalis China Open Super Series Premier 2017 dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sebagai runner up Hong Kong Open Super Series 2017.

“Untuk sektor lain, ganda putri cukup baik meski kami harus mengakui kemenangan pasangan Tiongkok di final. Tapi secara keseluruhan sektor ini mulai menunjukkan progres peningkatan prestasi yang cukup signifikan. Sementara untuk sektor lain kami akan evaluasi dan diskusi, agar di pertandingan berikut-berikutnya bisa mencapai target prestasi yang lebih baik lagi,” ungkap Susy.

Selain dua sektor tersebut, Susy juga menyoroti hasil pertandingan dari tim tunggal putra. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang memperkuat Pelatnas PBSI, tak memberikan hasil memuaskan pada dua turnamen tersebut. Di China Terbuka 2017 , Anthony terhenti di babak pertama, sementara Jonatan di babak dua. Sedangkan di Hong Kong Open Super Series 2017, mereka sama-sama terhenti di babak pertama.

“Untuk tunggal putra konsistensi atlet-atlet kita harus ditingkatkan. Mereka harus lebih yakin dengan pola dan strategi permainannya pada saat main dengan lawan yang berbeda. Dan butuh latihan lebih lagi untuk pematangan teknik dan peningkatan fisik agar mereka bisa lebih baik lagi hasilnya di pertandingan-pertandingan berikutnya,” tutup Susy.

Hasil membanggakan kembali diraih oleh pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Hong Kong Open Super Series 2017. Kevin/Marcus sukses merebut gelar super series keenamnya, dengan mengalahkan Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding, Denmark, dua game langsung, 21-12 dan 21-18. Sebelumnya Kevin/Marcus juga sudah menjadi juara di All England Open, India Open, Malaysia Open, Japan Open dan China Open 2017. Kemenangan Kevin/Marcus ini sekaligus berhasil menyamai rekor Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong yang merebut enam gelar super series dalam satu tahun.

“Kami cukup puas dengan hasil di dua turnamen ini (China Open dan Hong Kong Open). Dua-duanya bisa maksimal dan dua-duanya bisa juara. Senang pastinya,” kata Marcus. “Hari ini saya cukup puas dan menikmati perminan saya. Bisa menguasai keadaan, cukup nyaman,” tambah Kevin.