Gubri Lantik Pengurus Perkumpulan Keluarga Batak Riau

PEKANBARU (IndependensI.com) – Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Sabtu (25/11/2017), melantik Pengurus Keluarga Batak Riau (PKBR) periode 2017 – 2021, bertembat di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru. Pelantikan itu sekaligus mengukuhkan pergantian nama PKBR (Perkumpulan Keluarga Batak Riau) dari IKBR (Ikatan Keluarga Batak Riau) .

Pergantian atau perobahan nama PKBR dari IKBR itu adalah menyesuaikan aturan regulasi undang—undang organisasi masyarakat (Ormas) yang baru disahkan. Luar biasa acara yang digelar PKBR. Selain acara pelantikan, juga dihelat Pagelaran Pesona Budaya Batak dari ke-lima sub etnis. Adapun pengurus yang dilantik antara lain Ketua Umum Hofman Haloho, Sekretaris Jenderal Dr Jhon Armedi Pinem dan Bendahara Umum Soni Silaban.

Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan, pihaknya merasa bangga melihat persatuan suku Batak di Provinsi Riau, yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Riau. “Saya sering di ulosi, saya bangga walaupun kurang memahami maknanya, namun pelaksanaannya sangat menyentuh hati”, ujar Arsyadjuliandi Rachman yang juga di ulosi panitia usai memberikan kata sambutan.

Pada kesemppatan itu, Ketua Umum Hofman Haloho yang saat itu didampingi Humas PKBR Uparlin Maharaja mengatakan, bersempena dengan acara pelantikan / pengukuhan Pengurus Keluarga Batak Riau, juga dilaksanakan Pagelaran Budaya Batak dari kelima sub etnis antara lain Angkola/Mandailing, Toba, Simalungun, Karo dan Pakpak Dairi.

Adapun tujuan pagelaran budaya Batak ini menurut Hofman adalah, untuk lebih mengenal lebih dekat adat-istiadat dan budaya di seluruh wilayah kelima etnis Batak tersebut. Apalagi kita ini hidup di perantauan, perlu mengetahui adat istiadat dari daerah leluhur kita. Menampilkan tari-tarian yang menjadi ciri khas setiap daerah, adalah salah satu cara PKBR untuk memberi pembelajaran kepada generasi muda Batak, agar mengetahui adat-istiadat dan budaya daerahnya.

Selain penampilan pagelaran tari dari daerah kelima sub etnis, acara yang dihelat sehari penuh itu, juga menampilkan artis-artis papan atas. Seperti Tio Panta Pinem, Erik Sihotang, Dorman Manik, Mulyadi Situngkir dan artis-artis lokal lainnya. Selain Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, dalam acara itu juga hadir Rosti Ulu Purba anggoota DPD RI asal Riau.

Pada kesempatan terpisah, Dr Jhon Armedi Pinem Sekretaris Jenderal PKBR kepada Independensi menjelaskan, upaya menyatukan/rekonsiliasi Ikatan Keluarga Batak Riau pimpinan Tumpal Hutabarat dengan Perkumpulan Keluarga Batak Riau (PKBR) pimpinan Hofman Haloho tetap akan di tindak lanjuti. Selesai acara pengukuhan ini, kita akan melakukan komunikasi yang sebelumnya sudah terjalin dengan baik, ujar dosen di Universitas Riau ini. (Maurit Simanungkalit)