Ilustrasi. (Dok/Ist)

Timnas 3X3 Tembus Semifinal

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim nasional 3X3 putra Indonesia sukses melaju ke semifinal turnamen uji coba (“test event”) internasional Asian Games 2018 bertajuk “Asia Challenge 2017”. Dalam turnamen yang digelar di center court tennis outdoor, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (1/12), timnas 3X3 putra mencatatkan rekor empat kemenangan dari empat pertandingan.

Seperti dikutip dari Antara, kemenangan tersebut diperoleh dalam partai melawan Sri Lanka dengan skor 16-11, Vietnam dengan skor 19-14, Malaysia dengan skor 15-13 dan Thailand dengan skor 17-10. Pencapaian itu membuat Indonesia, yang diperkuat Erick Gosal, Rivaldo Pangesthio, Reza Guntara dan Danny Rei, berhak berada di peringkat pertama dari lima tim klasemen penyisihan. Di semifinal, sebagai juara klasemen, mereka akan menghadapi peringkat keempat Malaysia.

Di laga empat besar lainnya, peringkat kedua klasemen Thailand akan melawan posisi ketiga Sri Lanka. Adapun peringkat akhir klasemen, yang gugur dari kesempatan empat besar, diduduki oleh Vietnam. Pelatih timnas 3X3 putra Fandi Andika Ramadhani pun senang dengan raihan positif tersebut. Namun Rama, sapaan akrabnya, tidak mau berlama-lama larut dalam kegembiraan dan memilih fokus ke laga kontra Malaysia. “Ikatan kedekatan tim belum kuat dan masih lambat membaca lawan. Akan tetapi, besok kami berusaha tampil maksimal,” kata Rama.

Selain tim putra, skuat putri juga melaju ke semifinal. Para anak-anak asuhan pelatih Tri Hartanto usai mencatatkan dua kemenangan dan satu kekalahan dari tiga laga. Kemenangan diraih dari Thailand dengan skor 15-13 dan Vietnam dengan skor 21-6, sementara kekalahan didapatkan dari Malaysia dengan skor 10-14. Hasil itu membuat tim 3 x 3 putri Indonesia menduduki peringkat kedua dari empat tim di klasemen penyisihan, di bawah Malaysia yang mencatatkan tiga kemenangan dari tiga laga.

Di semifinal, timnas putri 3 x 3 Indonesia akan menghadapi peringkat ketiga klasemen yakni Thailand. Sementara itu, Malaysia akan melawan peringkat keempat, yaitu Vietnam. Menanggapi pencapaian tersebut, pelatih timnas 3 x 3 putri Tri Hartanto memuji penampilan anak-anak asuhnya. Pelatih yang membawa Indonesia juara Piala Asia 3 x 3 U-18 pada bulan Maret 2017 itu pun langsung fokus pada semifinal dan menyiapkan beberapa strategi untuk melawan Thailand.

“Kami akan mencoba main di luar. Namun, kalaupun ke dalam, kami cukup terbantu dengan adanya Lea Kahol yang andal dalam rebound,” tutur Tri. Dari sisi pemain, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi menegaskan bahwa dirinya dan tim akan tetap berjuang di empat besar demi mencapai target final. Sisa waktu yang ada pun akan dimanfaatkan untuk beristirahat demi memulihkan fisik. “Pemulihan harus cepat. Kami akan ‘fight’ di semifinal,” ujar Ayu.