Ribuan Pengunjung Nikmati Grebeg Duren 2017

Loading

PURWOREJO (Independensi.com) Grebeg Duren 2017 yang digelar oleh Pemkab Purworejo di pelataran Kantor Kecamatan Kaligesing pada Sabtu (9/12/2017), terlihat meriah. Ribuan pengunjung tumpah untuk menikmati akhir pekan dengan berbagai suguhan yang dikemas dalam ajang tahunan itu.

Momen yang sangat dinanti oleh pengunjung adalah ketika acara lomba makan durian dimulai. Ratusan peserta dari penjuru daerah baik dari dalam maupun luar Purworejo ikut memeriahkan lomba tersebut.

Ketua panitia penyelenggara, Karsono (40)  mengatakan bahwa lomba itu sengaja diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan atas limpahan rejeki berupa hasil bumi terutama buah-buahan yang telah dinikmati oleh warga Kaligesing khususnya dan Purworejo pada umumnya. Selain itu, acara tersebut sengaja digelar sekaligus untuk mempromosikan Kaligesing sebagai tempat wisata buah durian.

“Kaligesing ini kan salah satu sentra penghasil buah durian, jadi ya sekaligus untuk promosi wisata buah durian. Grebeg juga sebagai sujud syukur, kemudian kita menyediakan tempat untuk warga berjualan semua hasil bumi ada pete, jengkol, manggis, duren dan lain-lain. Jadi hari ini seperti Mall sehari buat warga untuk menjual semua hasil bumi,” ucap Karsono di sela-sela acara Sabtu (9/12/2017).

Untuk menjadi peserta lomba makan durian, warga hanya ditarik Rp 50 ribu yang nantinya akan mendapatkan hadiah utama sepeda dan puluhan doorprize lainnya. Sebelum menjadi pemenang, peserta akan disaring dalam tiga babak yakni penyisihan, semi final dan final.

“Babak pertama penyisihan dengan durasi makan selama 2 menit, kemudian semi final 3 menit dan untuk final durasinya 5 menit,” lanjutnya.

Peserta akan dinyatakan menang dalam setiap babak hingga final jika berhasil melahap daging durian yang menempel pada biji dengan bersih. Biji durian kemudian akan dihitung oleh panitia, siapa yang mendapatkan biji terbanyak dia lah yang menjadi pemenang.

Magdalen Marion Udimera (30), salah satu peserta yang kebetulan datang dari Nabire, Papua, mengaku baru pertama kali mengikuti lomba makan durian. Meski tidak yakin menang, namun ia merasa senang bisa bersama-sama ikut dalam perlombaan itu.

“Kalau sama buah durian memang saya seneng, kebetulan mumpung di Jawa ya sekalian ke sini. Baru pertama makan durian Purworejo dan baru pertama ikut lomba kayak gini. Kayaknya kalah deh, tapi nggak papa yang penting asyik bisa ikutan memeriahkan suasana jadi ramai, buah duriannya juga enak,” ucapnya.

Tidak hanya disuguhi lucunya menonton lomba makan durian, pengunjung juga bisa memborong buah durian yang telah disediakan panitia termasuk kuliner serba durian. Selain itu, selfie bersama gunungan durian juga bisa menjadi hal yang mengasyikkan bagi pengunjung.