Dampingi Ridwan Kamil, Kang Maman Mampu Menangkan Pantura

CIREBON (Independensi.com) – Tim Sosialisasi Maman Imanulhaq, Politisi PKB yang digadang-gadang jadi cawagub, merespon pernyataan bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahwa dirinya belum begitu dikenal oleh warga di kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura).

Husni Mubarok, meyakini bahwa Kang Maman sanggup menutup ’kelemahan’ itu jika dipasangkan dengan Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar 2018.

Dihubungi via telepon Selasa, (12/12/2017), Husni mengatakan, jika diduetkan dengan
Ridwan Kamil, Kang Maman bisa mendulang suara cukup siginifikan di kawasan Pantura, pada pencoblosan Juni 2018 nanti.

Kang Maman Pengasuh Pondok Pesantten Al Mizan Jatiwangi, Majalengka memiliki jaringan cukup kuat di Pantura yang bisa dimobilisasi untuk penggalangan pemilih. “Kang Maman punya link- link, persaudaraan, pertemanan, persahabatan yang bisa membantu popularitas dan elektabilitas Emil naik,” katanya.

Kang Maman sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar IX itu mengkalkusasi jaringan yang dimilikinya bakal menggelumbungkan jumlah suara. “Hasil survei menunjukan sekarang Kang Emil masih kurang bagus di Pantura. Dengan berpasangan dengan Kang Maman insya Allah nanti (pada pencoblosan Pilgub) bisa diatas 50 persen,” katanya.

Husni menyebut di Pantura Kang Maman punya pendukung cukup kuat antara lain di Cirebon, Indramayu, Subang ,Karawang dan Purwakarta. ” Yang cukup berat di Bekasi,” ujarnya.

Sebelumnya Ridwan Kamil mengakui dirinya masih kurang dikenal oleh warga di kawasan Pantura. Karenanya ia berupaya meningkatkan popularitasnya dengan melakukan blusukan. Ridwan Kamil juga pernah mengungkapkan dalam kontestasi Pilgub Jabar 2018, dirinya ingin menghadirkan ‘paket’ Priangan–Pantura.

Pantura memang merupakan salah satu lumbung suara dalam Pilgub Jabar. Dua wilayah lain yang juga tambang suara yakni Bandung Raya dan Priangan Barat (Bogor dan sekitarnya). Di tiga daereh ini terdapat sekitar 12 juta pemilih.

“Pantura merupakan area pertarungan yang harus dimenangkan. Insya Allah Kang Maman bisa melengkapi Kang Emil yang menurut survei sangat kuat di wilayah Priangan dan Bandung Raya,” kata Laki-laki asal Cianjur ini.

Wakil Sekretaris PWNU Jabar, Adhlan Daie, berpendapat Kang Maman bukan hanya bisa menutup kelemahan Ridwan Kamil di Pantura tetapi juga menjadikan paket cagub –cawagub ini solid. Kang maman yang berlatar belakang santri memperkuat Ridwan Kamil yang berbasis sosial perkotaan. “Kiai Maman mewakili generasi muda melenial dari segmentasi santri. Selain fasih dengan khazanah kepesantrenan, beliau juga mahir dalam pergaulan jaman now,” ujar dia.

Menurut Adhlan Daie, Kang Maman juga dikenal lantang dalam gerakan anti korupsi sehingga mempertegas posisi pasangan Kang Emil – Kang Maman di mata pemilih. “Beliau cawagub ideal bagi Ridwan Kamil, baik dilihat dari tantangan elektoral untuk memenangkan Pilgub Jabar maupun tantangan pemerintahan yang bersih,” katanya. (Putra, Kontributor Jawa Barat)