Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mencalonkan petahana Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (kiri) yang juga Ketua DPD Partai Golkar Prov Riau berpasangan dengan Suyatno (kanan) yang masih menjabat Bupati Rokan Hilir.

Kordias Pasaribu: “Pasangan Andi Rachman – Suyatno Harus Menang di Pilgubri”

PEKANBARU (IndependensI.com) – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menyerahkan surat keputusan dukungan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau, kepada pasangan Arsyadjuliandi Rachman – Suyatno, Minggu (17/12/2017) bersamaan dengan penutupan acara Mukernas PDI Perjuangan di kantor pusat DPP PDI Perjuangan Jakarta Pusat.

Saat penyerahan, sejumlah pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau hadir. Diantaranya Ketua DPD PDI-P Provinsi Riau Kordias Pasaribu, Sekretaris Syarifuddin Poti, Wakil Ketua Jhon Romi Sinaga serta pengurus lainnya. Hal itu dikatakan Kordias Pasaribu kepada IndependensI.com, Minggu (17/12/2017) sore.

Ketua DPD PDIP Provinsi Riau, Kordias Pasaribu SH

Menurut Kordias Pasaribu, dukungan partai moncong putih itu kepada Arsyadjuliandi Rachman (biasa dipanggil Andi Rachman) berpasangan dengan Suyatno untuk maju pada pesta demokrasi Pilkada Provinsi Riau tahun 2018 mendatang, sudah sesuai dengan rekomendasi dua bakal calon yang dikirimkan DPD PDI-P Provinsi Riau sebelumnya.

Setelah keluarnya surat keputusan dukungan ini, semua pengurus, kader dan simpatisan harus tegak lurus sesuai dengan apa yang diperintahkan Ketua Umum DPP PDI-P. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah, mendaftarkan pasangan Andi Rachman – Suyatno bersama partai pendukung lainnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau. “Kita harus menangkan pasangan Andi – Suyatno”, ujar Wakil Ketua DPRD Riau ini.

Pasca pengumuman penetapan calon Andi Rachman – Suyatno yang akan di usung PDIP pada Pilgub tahun 2018 mendatang, Yopi Arianto Bupati Indragiri Hulu yang sebelumnya mengaku akan maju berpasangan dengan Harris Bupati Pelalawan melalui perahu PDI Perjuangan, saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, kayanya pasangan Yopi – Harris harus mengalah.

Namun demikian kata Yopi lagi, walaupun pihaknya nanti harus mengalah, masing-masing pihak diantara mereka harus saling mendukung. Yopi mengaku masih bertemu dengan Arsyadjuliandi Rachman siang tadi. “Saya ucapkan selamat kepada pasangan Arsyadjuliandi Rachman – Suyatno yang telah direkomendasi PDI Perjuangan untuk maju pada Pilgubri tahun 2018 mendatang”,katanya.

Sebagaimana diketahui, Arsyadjuliandi Rachman Ketua DPD Partai Golkar Prov Riau juga merupakan Gubernur Riau saat ini berpasangan dengan Suyatno yang masih menjabat Bupati Rokan Hilir, sebelumnya telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada Riau tahun 2018 mendatang. Partai Golkar yang mempunyai 14 kursi ditambah 9 kursi PDIP, berarti pasangan Andi Rachman – Suyatno sudah didukung 23 kursi. (Maurit Simanungkalit)