Bangkai Kapal Selam Bersejarah Masa Perang Dunia I Ditemukan di Lepas Pantai Papua Nugini

Loading

SYDNEY (IndependensI.com) – Sebuah bangkai kapal selam peninggalan perang dunia I ditemukan di Papua Nugini. Angkatan Laut Australia menemukan bangkai kapal selam pertamanya dalam sebuah misi pencarian kapal selam di lepas pantai Papua Nugini, kata pihak berwenang, Kamis (21/12/2017).

Penemuan itu sangat penting karena menyelesaikan salah satu rahasia laut tertua di negara tersebut setelah lebih dari satu abad.

Kapal selam AE-1 adalah kapal pertama Sekutu tenggelam dalam Perang Dunia Pertama saat meronda untuk melacak di kapal perang Jerman pada 1914, dalam keadaan tidak pernah jelas.

Angkatan Laut Australia dan beberapa badan swasta menemukan tempat peristirahatan terakhir 35 awak kapal itu pada usaha ke-13 pencarian mereka, kata Menteri Pertahanan Australia, Marise Payne di Sydney.

Kehilangan kapal selam adalah tragedi bagi bangsa Australia, yang baru lahir, kata Payne, dengan menambahkan bahwa upacara peringatan kecil diadakan di kapal pencarian penemu bangkai kapal itu dan pihak berwenang berusaha menghubungi keturunan awak kapal tersebut.

“Harapan saya bahwa apa yang telah kita lakukan dalam beberapa hari terakhir sekarang akan memberikan kelegaan kepada keluarga dan keturunan semua awak kapal,” kata kepala angkatan laut Laksamana Timmy Barrett, dengan menambahkan bahwa awak kapal tersebut berasal dari Australia, Inggris dan Selandia Baru.

Pihak berwenang tidak mengungkapkan tempat kecelakaan itu, kecuali mengatakan bahwa kapal tersebut ditemukan di luar wilayah pantai Duke of York. Pemerintah Australia dan Papua Nugini mengatakan berencana melestarikan tempat bersejarah itu.