Ada Gempa Bumi 7,1 M, Warga Kepulauan Talaud Masih Beraktivitas Normal

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pasca gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,1 di perairan tenggara Filipina dirasakan sampai Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Masyarakat Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara masih beraktivitas normal.

“Masih normal (pasca-gempa), masyarakat masih beraktivitas seperti biasa,” kata Staf Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud yang bertugas di Pulau Miangas, Sepno Lantaa, seperti dikutip Antara, Sabtu (29/12/2018).

Dia mengatakan, nelayan masih melaut beraktivitas seperti biasa. Pascagempa, lanjut dia, kondisi laut masih seperti biasa, tidak surut ataupun gelombang pasang.

“Masih normal-normal saja, tidak terpengaruh, kondisi laut masih seperti biasa,” ujarnya.

Sepno mengatakan tidak ada rumah warga yang rusak, walaupun guncangannya terasa kuat dalam beberapa saat. “Kondisi masih kondusif, tidak ada warga yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Sebelumnya BMKG menyatakan gempa di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dan Filipina tak berpotensi menimbulkan tsunami di Indonesia. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa dipicu oleh subduksi lempeng Laut Filipina.

Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina,” ujar Rahmat.