Mantan pemain sepakbola dan Presiden terpilih Liberia, George Weah, duduk di sebelah istrinya, Clar, dalam pesta kemenangannya di Monrovia, Liberia, Jumat (29/12/2017). (AFP)

Weah Segera Pimpin Liberia

JAKARTA (IndependensI.com) – Rakyat Liberia dan sejumlah pemain sepakbola internasional menyambut kemenangan George Weah pada pemilihan presiden di negara Afrika itu. Weah menang telak atas rivalnya, wakil presiden petahana Joseph Boakai pada pemungutan suara putaran kedua yang dilangsungkan 26 Desember 2017.

Komisi pemilihan umum Liberia mengumumkan Weah meraih 61,5 persen suara, sementara Boakai hanya mendapatkan 38,5 persen suara. Untuk sebaran pendukung, Weah mendominasi dengan menang di 14 dari 15 provinsi.

“Saya, bertindak atas nama para komisioner, dengan ini mengumumkan Senator George Weah dan Jewel Howard-Taylor sebagai pemenang putaran kedua pemilihan presiden 26 Desember 2017,” kata ketua komisi pemilihan umum, Jerome Korkoya, Jumat (29/12/2017).

Weah, yang oleh rakyat Liberia dikenal dengan sebutan “Mister George”, akan menggantikan Ellen Johnson Sirleaf. Kandidat yang diusung Koalisi untuk Perubahan Demokratis (CDC) itu akan dilantik pada 22 Januari 2018.

George Weah berhasil keluar dari belenggu kemiskinan berkat kecakapannya bermain sepakbola. Dia mampu menembus sepakbola elite Eropa dengan memperkuat Paris Saint-Germain dan AC Milan pada 1990an. Weah juga pernah bermain untuk Chelsea dan Manchester City.

Laki-laki berusia 51 tahun itu memasuki dunia politik setelah pensiun dari sepakbola pada 2002.

“Rekan-rekanku rakyat Liberia, saya amat merasakan emosi bangsa ini. Saya mengetahui kepentingan dan tanggung jawab yang besar untuk mengemban tugas ini. Perubahan sudah dimulai,” cuit Weah di Twitter.

Dari Sepakbola Menuju Istana

Boakai mengakui kekalahannya dan memberi selamat kepada Weah. Dia juga menyerukan persatuan dengan mengatakan: “Cinta saya untuk negeri ini jauh lebih besar dibanding keinginan saya menjadi presiden.”

“Saya menolak godaan untuk menimbulkan rasa sakit, kesusahan, iri, dan ketidakpastian. Nama saya tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk meneteskan darah manusia di negeri ini,” ujarnya.

 

Ucapan Selamat Berdatangan

Amerika Serikat menyampaikan ucapan selamat untuk “rakyat Liberia… dan Presiden terpilih George Weah atas kemenangannya” dan menyebut pemilihan kali ini  sebagai “pencapaian penting dalam demokrasi Liberia.”

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memuji kemenangan mantan striker itu. “Selamat buat Mister George yang sudah terpilih! Saat yang luar biasa buat Liberia!” kata pernyataan dari kantor kepresidenan Prancis.

Macron juga mengundang Weah ke Prancis dan mengatakan undangan tersebut langsung diterima.

Bekas klubnya, Paris Saint-Germain, ikut memberi selamat. “Kami sudah mengenal George Weah jauh sebelum dia menjadi Presiden terpilih Liberia. Selamat buat legenda PSG dan sepakbola dunia yang memasuki babak terakhir dalam kariernya yang cemerlang!!!” cuit PSG.

Ucapan selamat berdatangan dari mantan bintang Chelsea Didier Drogba, gelandang Manchester City Yaya Toure, dan mantan gelandang Marseille asal Kamerun, Stephane Mbia.

AC Milan tidak mau ketinggalan dengan memberi selamat kepada “legenda Rossoneri” yang memperkuat klub Serie A Liga Italia itu selama empat musim.