Menhub Rayakan Akhir Tahun Pantau Kepadatan Arus Lalu Lintas

Loading

SEMARANG (Independensi.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merayakan akhir 2017 dan menyambut 2018 dengan memantau sejumlah lokasi yang menjadi pusat arus kepadatan lalu lintas dan pemudik yang berlibur.

“Saya ingin memastikan semua alat transportasi aman untuk mengangkut penumpang, juga tol ada pengaturan agar tidak terjadi kemacetan panjang,” kata Menhub Budi kepada pers di Semarang, Minggu.

Menhub Budi sejak 30 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 telah dan akan meninjau sejumlah lokasi yang penumpukan pemudik di terminal bus, pelabuhan laut dan udara, tol di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Menhub mengatakan bahwa pada liburan panjang ini dan banyak anggota masyarakat yang menggunakan transportasi umum, kesiapan dan kelaikan alat angkut sangat mutlak diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Dalam kegiatan ramp check di Jalan Raya Yogyakarta-Magelang, Sabtu (30/12), dirinya masih menemukan ada sebuah bus pariwisata tak laik jalan, karena roda belakang sudah aus.

“Kita tak boleh lengah dan tak mau ada kecelakaan yang menyebabkan makan korban. Untuk itu, kampanye keselamatan dan uji kelaikan harus terus digalakkan,” katanya.

Selama liburan akhir tahun ini, Menhub kunjungan kerja ke Terminal Tidar, Magelang, Jawa Tengah, untuk melakukan uji kelaikan bus untuk memastikan layak digunakan penumpang.

Menhub Budi menuju Semarang dan singgah di tol Bawen dan Terminal Bus Bawen mengecek kelaikan bus antarkota.

Menhub Budi selama di Semarang juga meninjau Posko Natal dan Tahun Baru serta fasilitas Bandara Ahmad Yani Semarang.

Selain itu, juga meninjau Stasiun Poncol untuk memantau langsung kesiapan operator angkutan dalam melayani penumpang.

Usai di Semarang, Menhub menggunakan helikopter menuju Batang dan Pekalongan,Jawa Tengah, untuk meninjau Gerbang Tol Gringsing, Kabupaten Batang.

Di situ Budi meninjau Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru serta fasilitas sarana dan prasarana Gerbang Tol Gringsing.

Peninjauan selanjutnya ke Brebes untuk Gerbang Tol Brebes Timur untuk meninjau Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru.

Kunjungan kerja berakhir 1 Januari 2018 saat peninjauan arus mudik Menhub berakhir di Gerbang Tol Cikarang, Jawa Barat, untuk memantau trafik kendaraan Cikarang yang masuk ke tol tersebut.