Ragnar Klavan Amankan Kemenangan Dramatis Liverpool

LONDON (IndependensI.com) – Gol di menit ke-94 yang dibukukan pemain bertahan Liverpool Ragnar Klavan mengamankan kemenangan 2-1 untuk timnya di markas Burnley pada Senin (1/1/2018), ketika tim tamu tampil tanpa Mohamed Salah dan Philippe Coutinho yang cedera dan memanaskan persaingan di empat besar klasemen Liga Inggris.

Dengan situasi Chelsea dan pemuncak klasemen Manchester City baru akan bermain belakangan, Liverpool mencatatkan kemenangan kedua mereka dalam waktu 48 jam setelah pemain Estonia itu mengukir gol perdananya di liga Inggris.

Di bagian lain Merseyside, Manchester United naik ke peringkat kedua klasemen setelah gol-gol di babak kedua dari Anthony Martial dan Jesse Lingard membawa mereka menang 2-0 di markas Everton — kemenangan perdana mereka dari lima pertandingan di semua kompetisi.

Manajer Stoke City Mark Hughes semakin berada di bawah tekanan setelah timnya kalah 0-1 dari tamunya Newcastle United, Leicester City mengalahkan Huddersfield Town dengan skor 3-0, sedangkan Brighton & Hove Albion berbagi satu angka dengan Bournemouth berkat “derby” pesisir selatan yang berakhir imbang 2-2.

Semua manajer merotasi para pemain mereka untuk beradaptasi dengan periode padat, dan manajer Liverpool Juergen Klopp melakukan tujuh perubahan, termasuk memberikan kesempatan melakukan penampilan sebagai pemain inti kepada Adam Lallana untuk pertama kalinya musim ini, saat melawan Burnley yang sering merepotkan klub Merseyside.

Absennya Coutinho akan memicu spekulasi perihal masa depannya, pada hari di mana bursa transfer dibuka kembali meski Klopp mengatakan pemain Brazil itu mengalami cedera paha.

Dengan pemain tersubur Liverpool Salah juga absen karena cedera pangkal paha dan Roberto Firmino dibangku cadangkan, Sadio Mane menjadi satu-satunya anggota “Fab Four” yang tampil sebagai pemain inti.

Ia membuka keunggulan timnya melalui sepakan akuratnya pada menit ke-61, menguasai bola dengan punggungnya menghadap ke gawang dan berputar untuk melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut gawang lawan.

Burnley berpikir mereka telah mengamankan satu poin ketika Berg Gudmundsson menyamakan kedudukan pada menit ke-87, namun Klavan mengamankan kemenangan yang membuat Liverpool kini mengoleksi 44 poin, tertinggal satu poin dari Chelsea.

Gebrakan United Dengan absennya Romelu Lukaku di skuad United, pasukan Jose Mourinho kesulitan untuk mematahkan pertajanan Everton yang telah tampil lebih baik di bawah arahan manajer baru Sam Allardyce.

Bagaimanapun, Paul Pogba membongkar pertahanan Everton dengan umpan akurat yang tertuju ke kaki Martial, yang sempat mengendalikan bola sebelum melepaskan sepakan melengkung pada menit ke-57. Jesse Lingard kemudian mengunci kemenangan timnya melalui sepakan yang dieksekusi dengan sempurna.

Kemenangan United membawa mereka mengoleksi 47 poin dari 22 pertandingan, tertinggal dari rival sekota City, yang memimpin klasemen dengan 59 poin setelah mereka ditahan imbang 0-0 oleh Crystal Palace pada Minggu dan masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Sebagaimana banyak mata tertuju kepada gol pemain internasional Senegal Mane, hal serupa juga terjadi saat Riyad Mahrez membuka keunggulan untuk Leicester.

Gelandang Aljazair itu, yang seperti Coutinho telah dikait-kaitkan dengan kepindahan pada Januari, melepaskan sepakan voli untuk membawa Leicester memimpin saat melawan Huddersfield, di mana Islam Slimani dan Marc Albrighton menambahi keunggulan timnya pada babak kedua.

Hari yang bagus semakin indah bagi “The Foxes” berkat penampilan singkat Adrien Silva, yang harus menunggu untuk memainkan pertandingan pertamanya untuk klub setelah kepindahannya dari Sporting gagal didaftarkan tepat waktu pada bursa transfer silam.

Arsitek Stoke Hughes mendapat cemoohan dari para penggemar setelah keterpurukan terkini yang didapat timnya, kekalahan yang membuat keadaan menjadi semakin buruk karena pria Wales itu mengistirahatkan sejumlah pemain saat mereka kalah 0-5 dari Chelsea pada Sabtu untuk mempersiapkan diri untuk laga melawan Newcastle.

Ayoze Perez mengemas gol penentu kemenangan ketika sesama tim papan bawah Newcastle United mencatatkan kemenangan tandang beruntun di Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak 2014.

Bournemouth merupakan tim lain yang terlihat dibebani rasa gugup setelah memulai 2018 dengan lebih buruk dari tahun lalu, namun pasukan Eddie Howe akan senang dengan satu poin yang didapat di markas Brighton.

Pemain Bournemouth Steve Cook dan pemain Brighton Glenn Murray mencetak gol ke gawang bekas tim mereka setelah Anthony Knockaert memberikan start bagus di tahun ini bagi tim tuan rumah dengan mencetak gol tercepat mereka di Liga Inggris, saat laga baru berlangsung lima menit.

Bagaimanapun, Callum Wilson mengamankan satu poin untuk tim tamu setelah kemelut di kotak penalti yang gagal disapu kubu Brighton. (antara/reuters)