Puti Guntur Soekarno

PDIP Tunjuk Puti Guntur Soekarno Dampingi Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur

JAKARTA (IndependensI.com) – Teka teki tentang siapa bakal menjadi pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (GUs Ipul) akhirnya terungkap. Gus Ipul akan didampingi oleh kader PDIP Puti Guntur Soekarno yang merupakan kader PDIP asal Jawa Barat. Kepastian tentang calon diusungnya Puti Guntur Soekarno merupakan hasil rapat maraton pimpinan Pusat PDIP sejak Selasa (9/1/2018).

“Pada hari Rabu (10/1/2018) Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur,” kata sumber Independensi.com di DPP PDIP, Rabu (10/1/2018).

Surat penunjukan Puti Guntur Soekarno mendampingi Saifullah Yusuf ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristyanto terganggal 10 Januari 2018 dengan bernomor 3938/IN/DPP/I/2018.

Surat berkop DPP PDIP itu ditandatangani di atas kertas bermatera 6000. Dengan adanya penunjukan Puti Guntur Soekarno sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur sebagai pengganti Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi yang mundur, maka PDIP bisa bernapas lega untuk Pilkada Jawa Timur.

Pada malam hari ini, pasangan Gus Ipul – Puti Guntur akan mendaftar ke KPU. Sebagaimana dijadwalkan KPU, dua pasangan bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi sebagai peserta di Pemilihan Kepala Daerah setempat, Rabu (10/1/2018) ini. “Hari ini memang hari terakhir pendaftaran peserta untuk Pilkada Jatim dan ditunggu hingga pukul 24.00 WIB,” ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Dua pasangan calon yang akan mendaftar adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung koalisi Partai Demokrat (13 kursi), Partai Golkar (11 kursi), PPP (5 kursi), PAN (7 kursi), Partai Nasdem (4 kursi) dan Partai Hanura (2 kursi) serta didukung PKPI (non-parlemen).

Pasangan lainnya adalah Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno yang diumumkan pada Rabu ini diusung PKB (20 kursi), PDIP (19 kursi), dan PKS (6 kursi). Sedangkan, Partai Gerindra yang memiliki 13 kursi di DPRD Jatim juga dikabarkan merapat ke Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, dan dideklarasikan dukungannya akan dilaksanakan pada Rabu sore ini di Surabaya.

Sementara itu, sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio, mengaku pasangan yang diusungnya akan mendaftar ke KPU Jatim pada pukul 09.00 WIB. “Kami sudah koordinasi dengan partai koalisi dan bersama-sama mendaftarkan Khofifah-Emil pada hari terakhir pendaftaran,” ucap politikus yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim tersebut.

Kemudian, pada malam harinya direncanakan giliran Gus Ipul bersama pasangannya mendaftar dengan didampingi para pemimpin seluruh partai politik pengusungnya. “Daftarnya hari terakhir, tapi jam berapanya tunggu saja kabar berikutnya, tapi yang pasti tidak pagi,” kata ketua tim pemenangan Gus Ipul, Hikmah Bafaqih. (kbn)