Toyota Hilux yang digunakan Andre Villas-Boas dan Ruben Faria. (Istimewa)

Villas-Boas Mundur dari Reli Dakar

SAN JUAN DE MARCONA (IndependensI.com) – Mantan menejer klub sepakbola Tottenham Hotspurs dan Chelsea, Andre Villas-Boas mengakhiri kiprah pada debut Reli Dakar, saat berlaga di Etape 4, San Juan De Marcona, Peru, Rabu (10/1). Pereli bernama lengakap Luís André de Pina Cabral e Villas-Boas ini mengalami cedera punggung menyusul rusaknya kendaraan Toyota Hilux yang dikendarainya.

Pria berusia 40 tahun asal Portugal itu mundur sebagai pelatih klub sepakbola China, Shanghai SIPG pada bulan November 2017. Kemudian berganti profesi sebagai pereli untuk kali pertama sepanjang hidupnya mengikuti reli dengan rute terganas di dunia. Dia terpaut 18 jam 18 menit dan 50 detik dengan pimpinan lomba saat kendaraannya menabrak gundukkan pasir gurun. Villas-Boas tidak mengalami patah tulang, hanya saja segera dilarikan ke rumah sakit setempat untuk dilakukan pemeriksaan. Dia berlaga dengan didampingi navigator Ruben Faria

Ajang Reli Dakar memasuki edisi ke-40 dengan memainkan 14 etape di Peru, Amerika Selatan. Terakhir kali ajang reli kelas dunia ini digelar disana pada 2013. Sedikitnya lima etape pertama akan menghadapi rute yang melibas gundukan pasir gurun dan cuaca ekstrim. Ajang ini akan berakhir di Bolivia, Argentina pada 20 Januari mendatang.

Sementara itu, juara dunia reli asal Prancis, Sebastien Loeb mencatat kali pertama juara etape di Reli Dakar 2018, Selasa (9/1). Dengan menggunakan Peugeot, Loeb kuasai etape empat yang dinis di sebelah selatan Peru. Dia mencatat satu menit 35 detik lebih cepat dari rekannya, Carlos Sainz.

Loeb justru tiga menit lebih unggul dari rekan senegara sekaligus juara bertahan, Stephane Peterhansel. Sukses ini membuat Loeb bertengger di posisi dua klasemen pereli dengan pautan tujuh menit di belakang Peterhensel. Demikian berita dikutip dari BBC.