Ketua MPR Minta Kontestan Pilkada Tidak Halalkan Segala Cara, Termasuk Politik Uang

JAKARTA (IndependensI.com) -Semua pihak yang terlihat dalam Pilkada 2018 harus menghindari cara-cara yang tidak baik dalam berdemokrasi, mulai dari politik menghalalkan segala cara, politik uang hingga memecah belah bangsa. Pilkada itu harus dilakukan dengan cara yang baik, termasuk dalam berkompetisi.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengaku sangat prihatin dengan adanya fonomena yang tidak baik dalam pilkada tersebut. Oleh karena itu, dirinya meminta semua kalangan mencegah politik uang dalam pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada 2018.

Zulkifli dalam pernyataan pers yang diterima Minggu (14/1/2018) pagi di Jakarta mengatakan bahwa para calon kepala daerah diingatkan untuk berkompetisi dengan cara-cara yang baik. Kepentingan bangsa dan negara, kemajuan bangsa dan kesejahteran rakyat harus menjadi tujuan utama bagi semuanya.

Terkait dengan hal itu,  Zulkifli meminta semua kontestan yang bertarung dalam pilkada untuk tidak menghalalkan segala cara dalam upaya memenangi kursi kepala daerah. “Jangan menggunakan politik uang, jangan memecah belah dan memakai sara. Pilkada harus dilakukan dengan cara yang bijak karena sesungguhnya kita berkompetisi,” katanya.

Pilkada, kata Ketua MPR, adalah kompetisi yang diikuti oleh sesama anak bangsa sehingga tidak boleh menimbulkan perpecahan. “Oleh karena itu, dalam pilkada semestinya yang diadu adalah konsep, gagasan, program, dan figur,” tuturnya. (kbn)