Michael Carrick
Gelandang Manchester United, Michael Carrick. (foto istimewa)

Carrick Siap Ambil Peran Pelatih

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Gelandang Manchester United, Michael Carrick, akan pensiun di akhir musim, dan siap mengambil peran pelatih tim pertama di Old Trafford.

Carrick belum bermain sejak mengalami masalah pada detak jantungnya yang tidak beraturan pada bulan September, meski dia mulai berlatih lagi pada November setelah menjalani perawatan.

“Klub akan sangat senang jika melakukan itu (menjadi pelatih). Saya akan sangat senang juga jika dia melakukan itu,” kata Mourinho seperti dikutip media Inggris. “Saya mengharapkan dia untuk bergabung.”

Carrick, mantan gelandang timnas Inggris berusia 36 tahun, sempat bermain dalam empat pertandingan pramusim United. Penampilan satu-satunya yang kompetitif musim ini saat membawa United menang atas Burton Albion di Piala Liga Inggris, saat dia mulai merasakan keanehan.

Carrick menjalani perawatan yang disebut ablasi jantung, yang bertujuan mengendalikan atau memperbaiki irama jantung yang tidak normal. Mourinho mengatakan dia mengharapkan Carrick kembali beraksi musim ini untuk United sebelum mengambil peran sebagai pelatih.

“Saat ini dia berada di pekan kedua latihannya bersama tim. Dia adalah pemain yang sangat penting bagi kami,” kata pelatih asal Portugal itu. “Saya pikir keputusannya -mengakhiri karier di akhir musim- merupakan keputusan yang baik bagi tim dan baginya untuk mengakhiri karier sepak bolanya, dan tidak karena mengalami cedera atau dengan sejumlah problem.”

Carrick melakukan debut untuk West Ham United pada tahun 1999 sebelum bergabung dengan Tottenham Hotspur tahun 2004 dan kemudian pindah ke United tahun 2006.

Dia telah memainkan lebih dari 300 pertandingan untuk klub tersebut dan diangkat sebagai kapten sebelum dimulainya kampanye musim ini. Dia telah memenangkan lima gelar Liga Primer, Liga Champions, Liga Europa, Piala FA, tiga Piala Liga dan Piala Dunia Antarklub.(Budi Mustafa)