Ilustrasi cabang olahraga basket. (Dok/Ist)

Pelatih Timnas Panggil Pebasket CLS

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia Fictor Roring memanggil delapan pemain CLS Knights Indonesia yang kini berlaga di Liga Bola Basket ASEAN (ABL), untuk mengikuti seleksi timnas Asian Games 2018.

“Dari pantauan saya dan staf patih, ada sekitar delapan pemain CLS Knights yang rencananya akan kita panggil untuk mengikuti seleksi awal di Februari 2018 nanti,” ujar Fictor seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/1). Pelatih yang akrab disapa Ito ini menyebut delapan pebasket CLS tersebut adalah Sandy Febiansyakh Kurniawan, pemain naturalisasi Ebrahim Enguio “Biboy” Lopez, Firman Dwi Nugroho, M. Saroni, Arif Hidayat, Kaleb Ramot Gemilang, Bima Riski Ardiansyah, dan Katon Adjie Baskoro.

Dari daftar tersebut tak ada nama “point guard” legendaris Indonesia Mario Wuysang meski masih bermain untuk CLS di ABL. Mario memang sempat menyatakan pensiun dari timnas usai SEA Games 2017. Oleh karena itu, Ito enggan memanggilnya kembali ke skuat Merah Putih walau dia menilai kemampuan Mario Wuysang masih salah satu yang terbaik di posisi point. “Saya menghormati keputusannya pensiun dari timnas. Fokus saya saat adalah melakukan regenerasi,” tutur Ito.

Lebih jauh Ito mengatakan, nantinya akan ada 27 pemain yang mengikuti seleksi pertama tim nasional putra dan sebagian di antaranya merupakan pebola basket muda. Sebelumnya, Ito sempat mengatakan dirinya sudah mengantongi 24-30 nama calon pemain timnas.

Dengan adanya nama-nama itu Ito menyatakan siap menurunkan dua tim di turnamen uji coba atau “test event” bola basket Asian Games 2018 yang digelar pada 8-12 Februari 2018 di Istora Senayan, Jakarta. Namun, jika dalam praktiknya hanya diperbolehkan membawa satu tim ke ujo coba tersebut, dia menyebut hanya menyertakan 14-15 nama.