Point guard tim BSB Hangtuah, Kelly Purwanto. (Istimewa)

Hangtuah Kandaskan Bima Perkasa

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim basket BSB Hangtuah sukses menaklukkan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja dengan skor 76-60 di pertemuan ketiganya di Liga Bola Basket Indonesia 2017-2018 di GOR UNY, Yogyakarta, Jumat (26/1). Pada dua partai sebelumnya, Hangtuah selalu kalah dari Bima Perkasa masing-masing dengan skor 58-65 dan 58-72.

Seperti dikutip dari Antara, kemenangan di pertandingan lanjutan seri VI yang digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, tersebut membuat peluang BSB Hangtuah menuju babak playoff tetap terjaga. Dengan hasil itu, untuk sementara Hangtuah berada di posisi kelima klasemen sementara Divisi Merah dengan 15 poin hasil lima kemenangan dari 10 pertandingan. Sedangkan Bima Perkasa berada di peringkat ketiga Divisi Merah dengan 16 poin hasil enam kemenangan dari 11 laga.

Menanggapi kemenangan timnya, pelatih Bima Perkasa Andika Saputra menyebut anak-anak asuhnya tidak bermain baik di awal-awal laga. “Anak-anak seperti ragu, mungkin dua kekalahan sebelumnya membuat mereka terlalu hati-hati,” kata Andika. Namun setelahnya strategi Hangtuah berjalan dengan apik. Mereka berhasil membatasi pergerakan dua pemain asing Bima Perkasa Anthony Mc Donald dan Emilio Park. Anthony sendiri hanya membuat delapan angka sepanjang laga.

Dari laga tersebut, Emilio Park menjadi pendulang angka tertinggi untuk Bima Perkasa Jogja dengan 28 poin dan 20 rebound. Di kubu Hangtuah Nahshon George menjadi yang terbaik dengan 22 poin, 12 rebound dan empat assist. Pada laga berikutnya, Sabtu (27/1), Bima Perkasa Jogja akan berhadapan dengan Satya Wacana Salatiga dan Hangtuah melawan Bank BJB Garuda Bandung.

Sementara itu dari laga lainnya, memainkan Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta menggenapi sukses ke-10 pada Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018, setelah menundukkan Siliwangi Bandung dengan skor 78-67. Kemenangan itu membuat SM masih menduduki puncak klasemen sementara Divisi Merah dengan 21 poin dari 10 kemenangan dari 11 laga. Sedangkan Siliwangi Bandung berada di posisi juru kunci Divisi Putih dengan torehan belum pernah menang dari 11 laga.

Bank BJB Garuda Bandung terus mempertahankan peluang ke babak playoff setelah menang dari Satya Wacana Salatiga dengan skor 82-78. Hasil ini membuat Garuda Bandung berada di posisi kedua klasemen sementara Divisi Merah dengan 17 poin hasil enam kemenangan dari 11 laga. Sedangkan Satya Wacana berada di peringkat keempat klasemen sementara Divisi Putih dengan 13 poin, hasil empat kemenangan dari 10 laga.