Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juarai India Open 2018, Minggu (4/2). (Istimewa)

Kevin/Marcus Cetak “Hat-Trick”

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil mencetak hat-trick di ajang India Open 2018, Minggu (4/2). Pada tahun 2016 dan 2017, Kevin/Marcus juga sukses menjadi kampiun di India Open. Kemenangan mereka kali ini diraih duet peringkat satu dunia tersebut setelah mengandaskan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 21-14, 21-16.

Gelar ini merupakan gelar kedua Kevin/Marcus di tahun 2018. Pekan lalu, Kevin/Marcus baru saja menjadi juara di Daihatsu Indonesia Masters 2018. Dengan kemenangan ini, Kevin/Marcus pun tercatat meraih gelar juara di lima turnamen berturut-turut di China Open Super Series Premier 2017, Hong Kong Open Super Series 2017, BWF World Super Series Finals 2017, Daihatsu Indonesia Masters 2018 dan India Open 2018 BWF World Tour Super 500.

Meskipun sempat mengalami kekalahan di babak penyisihan grup di BWF Dubai Super Series Finals 2017 atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), namun Kevin/Marcus membalas dan akhirnya tetap mengantongi gelar di turnamen tersebut. Penampilan Kevin/Marcus sepanjang India Open 2018 pun cukup baik. Dalam perjalanan ke podium juara, Kevin/Marcus tak pernah kehilangan satu game pun.

“Pastinya senang bisa dapat gelar hat-trick di turnamen ini. Kami mengawali tahun 2018 dengan baik, semoga ke depannya kami bisa tampil lebih baik lagi dan meraih gelar juara. Kami harus bisa mengatur kondisi dengan jadwal turnamen yang padat seperti tahun ini,” ujar Marcus seperti dikutip dari rilis humas PP PBSI. “Dari awal kami memang selalu menekan lawan karena mereka pertahanannya bagus,” ujar Kevin. “Kami cukup senang bertanding di India Open karena selalu mendapat hasil yang bagus. Gelar level super series pertama yang kami dapat juga di India Open, “ tambah Kevin.

Sementara pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di final takluk dari unggulan kelima, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen (Denmark), dengan skor 21-14, 21-15.

Raih Gelar

Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu mempersembahkan gelar pertama bagi Indonesia di ajang India Open 2018 BWF World Tour Super 500. Titel juara diraih Greysia/Apriyani usai mengalahkan duet Thailand, Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai 21-18, 21-15.

“Saya mengucap syukur Puji Tuhan kami bisa diberi kemenangan hari ini. Apalagi saya dalam kondisi batuk sejak final Indonesia Masters, dan ini tidak mudah buat saya, jaga fokus dan mindset kalau kami tetap bisa,” kata Greysia usai laga. “Hari ini kami banyak menekan lawan dari awal, walaupun kami sempat ketinggalan. Final memang beda dari partai lainnya,” tambah Greysia.

Lebih lanjut dikatakan Greysia, mereka berhasil mengevaluasi penampilan ketika kalah di laga final Daihatsu Indonesia Masters 2018. “Waktu itu kami dibawah tekanan dan terlalu menggebu-gebu ingin juara, ini yang nggak boleh. Kami ingin dapat ritmenya, kami harus banyak pengalaman lagi tampil di partai final,” ujar Greysia. Gelar ini merupakan gelar ketiga bagi Greysia/Apriyani sejak pertama kali dipasangkan pada Mei 2017. Sebelumnya Greysia/Apriyani meraih gelar Thailand Open 2017 dan French Open Super Series 2017.