Kementerian PUPR Dukung Penataan Kawasan Seribu Rumah Gadang

JAKARTA (Independensi.com) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya akan mendukung renovasi Rumah Gadang beserta penataan kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. Hal ini disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur dan Bupati Solok Selatan di Padang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya, Sri Hartoyo yang turut hadir dalam pertemuan tersebut membenarkan bahwasanya pada tahun 2018 akan merestorasi Rumah Gadang beserta kawasan tersebut dengan menyediakan akses atau infrastruktur penunjang. “Pada tahun 2018 akan dilaksanakan restorasi Rumah Gadang beserta penanganan kawasan tersebut,” tutur Sri Hartoyo,(Selasa,06/02/2018)

Sementara Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengungkapkan kawasan Seribu Rumah Gadang merupakan warisan budaya yang mesti dijaga kelestariannya, di beberapa tempat di Sumatera Barat yang saat ini sudah jarang ditemui Rumah Gadang, dalam kawasan ini sendiri terdapat sebanyak 174 Rumah Gadang dari berbagai Suku.