Ilustrasi. (Dok/Ist)

Timnas Hoki Diumukan Pertengahan Tahun

JAKARTA (IndependensI.com) – Nama-nama pemain yang terpilih menghuni tim nasional hoki lapangan putra-putri Indonesia untuk Asian Games 2018 akan diumumkan Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) pada Juli 2018. Alasan FHI mengumumkan para pemain tersebut sebulan sebelum Asian Games 2018, yang dimulai pertengahan Agustus, adalah untuk menjaga level semua pemain tetap sama.

“Jadi seandainya ada pemain timnas Asian Games cedera sebelum bertanding, pemain lain sudah siap menggantikan karena kondisinya tidak jauh berbeda,” ujar Ketua Umum PP FHI Brigjen TNI Yus Adi Kamrullah seperti dikutip dari Antara, Kamis (22/2). Saat ini timnas hoki lapangan putra dan putri diisi oleh masing-masing 27 pemain yang masih menjalani pemusatan latihan di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno, Jakarta.

Jumlah tersebut akan dikerucutkan menjadi 18 pemain sesuai dengan aturan jumlah maksimal pemain per-tim yang bisa berkompetisi di cabang olahraga hoki lapangan Asian Games 2018. PP FHI sendiri tidak menargetkan medali di Asian Games 2018 karena menyadari Indonesia sulit bersaing dengan negara-negara Asia lainnya seperti India, Jepang, Pakistan dan Malaysia.

Meski demikian, FHI tetap mempersiapkan tim nasional dengan total. Selain menggelar TC sejak Januari 2018, timnas hoki putra-putri dijadwalkan menjalani TC di Malaysia mulai akhir Maret 2018. Malaysia dipilih menjadi lokasi TC karena dianggap sebagai negara dengan timnas hoki lapangan terbaik di Asia Tenggara.

Total 54 pemain timnas Indonesia yang saat ini melakoni TC di Jakarta akan dibawa serta ke Negeri Jiran dan berada di sana selama kurang lebih satu bulan. “Di sana kami akan mengikuti liga hoki Malaysia,” tutur Yus Adi.