Kementerian PUPR Terima Penghargaan Sebagai Salah Satu K/L Berkinerja Terbaik 2017

JAKARTA (IndependensI.com)  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima Penghargaan Peringkat ke-4 Kementerian/Lembaga (K/L) Berkinerja Terbaik Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017 untuk Kategori Pagu Besar diatas Rp 10 triliun. Peringkat pertama hingga ketiga ditempati oleh Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan diterima oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Luthfiel Annam Achmad mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran K/L Tahun 2018, pada tanggal 21 Februari 2018 di Jakarta.

Penghargaan diberikan setelah dilakukan evaluasi terhadap 12 indikator yang terbagi dalam 4 aspek yakni kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan anggaran, efektivitas pelaksanaan kegiatan, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi.

Kementerian PUPR terus meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran dan kualitas belanja (value for money) dalam pembangunan infrastruktur sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa APBN menjadi instrumen fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Khususnya pengentasan kemiskinan, mengatasi ketimpangan dan membuka lapangan kerja.

Dalam perencanaan anggaran tahun 2018, porsi belanja modal dan belanja barang berkarakter belanja modal di Kementerian PUPR mencapai 81 persen atau Rp 88 triliun dari alokasi anggaran 2018 sebesar Rp 107,38 triliun

Untuk tahun 2019, Menteri Basuki mengatakan alokasi anggaran akan difokuskan pada penyelesaian pembangunan infrastruktur yang telah di groundbreaking. “Tidak ada lagi pembangunan baru yang sifatnya kontrak tahun jamak, kecuali pembangunan bendungan dan irigasi/air baku untuk mendukung fungsi bendungan. Tahun 2019 lebih berfokus untuk menyelesaikan proyek infrastruktur sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan, terutama Proyek Strategis Nasional (PSN),” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu

Dua Penghargaan Emas Kategori Majalah Pemerintah 

Pada peringatan Hari Pers Nasional yang berlangsung 5-9 Februari 2018 di Kota Padang, Sumatera Barat, Kementerian PUPR meraih penghargaan dua emas dalam Malam Penghargaan Serikat Perusahaan Pers, di Padang, Sumatera Barat, yang berlangsung pada Rabu (7/2/2018).

Dua emas diraih dalam ajang kompetisi Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) kategori Lembaga Pemerintah Pusat untuk Majalah Kiprah edisi 83/September 2017 yang diterbitkan oleh Biro Komunikasi Publik dan  Majalah Kinerja edisi 3 Januari – Maret 2017 yang diterbitan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara, Ditjen SDA, Kementerian PUPR.

Pada penyelenggaraan InMA 2018, terdapat tujuh (7) kategori penghargaan yang terdiri dari Kategori Lembaga Pemerintah Pusat., BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta Nasional.Perusahaan Multinasional, Perguruan Tinggi dan e-magazine(versi digital dari edisi cetak).

InMA diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pengelola inhouse magazine, baik versi cetak maupun versi digital (e-magazine) yang telah mencurahkan gagasan dan kreativitasnya untuk merancang penerbitan inhouse di lembaga dan korporasi masing-masing. (*)