Suasana pertandingan antara BSB Hangtuah melawan Garuda Bandung pada laga ketiga playoff Divisi Merah IBL Pertalite 2017-2018, Senin (5/3/2018). (Istimewa)

Hangtuah Melaju ke Semifinal

BANDUNG (IndependensI.com) – Untuk kali pertama tim basket BSB Hangtuah berhasil melaju ke semifinal Liga Bola Basket Indonesia (IBL) setelah menaklukkan Garuda Bandung dengan skor 64-59 di laga ketiga playoff Divisi Merah IBL Pertalite 2017-2018, Senin (5/3/2018). Kemenangan dari laga yang digelar di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jabar, itu membuat kedudukan playoff menjadi 2-1 untuk keunggulan Hangtuah.

Garuda Bandung yang bermain tanpa center asal Amerika Serikat (AS) Roderick Flemings yang cedera di laga kedua playoff, Sabtu (3/3), sebenarnya tampil menjanjikan sejak “tip off”. Mereka berhasil menghancurkan Hangtuah di kuarter pertama dengan skor telah 18-3. Namun, Hangtuah menolak menyerah dan bangkit di kuarter kedua. Mengandalkan dua pemain asingnya yakni center Nahshon George dan guard Keenan Palmore, Hangtuah bisa memanfaatkan ketiadaan Roderick Flemings di kubu lawan. Mereka pun membalikkan keunggulan menjelang jeda menjadi 27-22.

Kuarter ketiga, pertandingan berjalan semakin ketat. Dua tembakan bebas Gary Jacobs dan lesakan tiga angka Raymond Shariputra membuat Garuda Bandung mendekatkan skor menjadi 35-39. Akan tetapi, “lay up” Hans Abraham di akhir kuarter tetap tidak bisa membawa Garuda memimpin dan kembali tertinggal 40-44. Di kuarter keempat yang menjadi penentu, Garuda masih tidak berkutik. Anak-anak asuh Andre Yuwadi harus mengakui keunggulan Hangtuah yang tampil solid dan menyerah 59-64. “Double-double” Nahshon George yang membuat 30 poin, 21 rebound dan tiga assist menjadi catatan terbaik di Garuda Bandung dalam partai tersebut.

Sementara di kubu Hangtuah, guard berkewarganegaraan AS Gary Jacobs membuat angka tertinggi yaitu 24 poin, empat rebound dan dua assist. Berikutnya, BSB Hangtuah akan berhadapan dengan juara Divisi Merah IBL 2017-2018 Satria Muda Pertamina pada 22-25 Maret 2018. Sama dengan playoff, babak semifinal ini juga berlangsung dengan format “best of three”. Demikian berita dikutip dari Antara.