Suasana di MPP Kota Bekasi.(ist)

Menpan RB: Perbanyak Pelayanan di MPP

BEKASI (IndependensI.com)- Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menilai Mal Pelayanan Publik di Kota Bekasi, Jawa Barat, masih perlu memperbanyak penambahan layanan.

“Kalau dibandingkan dengan yang besar seperti di Kota Batam sudah ada 413 layanan, Denpasar Bali 205 pelayanan, DKi Jakarta sudah 320 layanan. Namun MPP di Kota Bekasi saat ini baru 30 layanan,” ujar Asisten Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB Noviana Andriana saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke MPP Kota Bekasi di Mal Bekasi Junction Jalan Ir H Djuanda, Kecamatan Bekasi Timur, kemarin.

Kehadiran Noviana ke MPP didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu Kota Bekasi Amit Riyadi.

Dikatakan Noviana, Mal Bekasi Junction masih menyisakan banyak ruang kosong yang berpotensi untuk dimanfaatkan bagi pembukaan layanan baru.

“Masih perlu menambah lagi palayanan lainnya, misalnya dari tingkat kementerian, lembaga, Kementerian Hukum dan HAM, Lembaga Keuangan, Badan Pertanahan Nasional, Kantor Imigrasi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan lainnya. Semuanya harus komplit di sini,” katanya.

Namun pihaknya mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Bekasi yang sejak tanggal 12 Februari 2018  telah meresmikan MPP dan merupakan yang perdana di Provinsi Jawa Barat.

“Tapi banyak perlu pembenahan-pembenahan namun bisa diselesikan bertahap yang penting sekarang masyarakat sudah tahu ada pelayanan perizinan dan nonperizinan di MPP ini,” katanya.

Noviana juga memberi masukan agar tingkat kunjungan pemohon bisa terus ditingkatkan melalui sosialisasi yang masif.

“Sarana da prasarana perlu dibenahi, alur masuk dan keluar pelayanan yang yang cepat dan tertata bagus. Untuk tahap awal sudah cukup walau memang perlu ada penambahan lagi layananannya,” katanya.

Di MPP Kota Bekasi, selain pengurusan berbagai perizinan lingkup Pemkot Bekasi, juga dilakuka  pelayanan perpanjangam SIM, STNK  pembuatan SKCK dari Polres Metro Bekasi Kota, termasuk pembayaran rekening PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi. (adv/humas/jon)