Mohamed Salah. (foto istimewa)

Salah Lampaui Rekor Torres

JAKARTA (IndependensI.com) – Mohamed Salah menggila. Striker asal Mesir itu mencetak empat gol untuk membawa Liverpool menang 5-0 atas Watford dalam lanjutan Liga Primer 2017/2018 di Anfield, Minggu (18/3/2018) dini hari WIB.

Empat gol salah dicetak pada menit keempat memanfaatkan umpan matang dari Sadio Mane. Sedangkan gol kedua tercipta pada menit ke-43 memaksimalkan assist Andrew Robertson.

Dua gol lagi dicetak babak kedua, yakni menit ke-77 dan 85, setelah Roberto Firmino mengemas gol ketiga Liverpool pada menit ke-49 setelah memanfaatkan assist Mohamed Salah.

Penampilan Salah yang brilian membuat dia unggul empat gol dari striker Tottenham Hotspur Harry Kane dalam perburuan Golden Boot (top skor) Liga Primer, dengan 28 gol.

Total, Salah mencetak 36 gol untuk The Reds di semua kompetisi. Jumlah itu terbanyak yang dibuat pemain Liverpool di musim debut klub. Salah melampaui catatan Fernando Torres yang mengemas 33 gol dalam debutnya bersama Liverpool pada musim 2007/2008.

Sejarah lain yang dicatat Salah adalah sebagai orang Mesir pertama yang mencetak hat-trick (dan 4 gol) di Liga Primer Inggris. Mesir menjadi negara ke-43 yang pemainnya mencetak hat-trick (dan 4 gol), atau negara Afrika ke-10.

Salah juga menjadi pemain kedua setelah Luis Suarez yang mencetak empat gol dalam satu laga Liga Primer. Suarez membuat empat gol ke gawang Norwich pada Desember 2013.

Dengan kemenangan di pekan ke-31 ini Liverpool naik ke peringkat ketiga dengan 63 poin, unggul dua poin dari Tottenham Hotspur yang harus bermain di Piala FA melawan Swansea City. Jarak Liverpool dengan peringkat 2 Manchester United juga hanya terpaut dua poin.(BM/ist)

Susunan pemain

Liverpool (4-3-3): Karius; Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Can (James Milner 27), Wijnaldum (Alex Oxlade-Chamberlain 71); Salah, Mane, Firmino (Danny Ings 79)
Cadangan: Mignolet, Klavan, Moreno, Alexander-Arnold, Milner, Oxlade-Chamberlain, Ings

Watford (5-4-1): Karnezis; Femenia, Mariappa, Prodl, Britos (Daryl Janmaat 81), Holebas; Pereyra, Doucoure, Capoue, Richarlison (Will Hughes 65); Deeney (Stefano Okaka Chuka 70)
Cadangan: Gomes, Janmaat, Cathcart, Hughes, Carrillo, Gray, Okaka