Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah cicipi jenkol saat Festival Jengkol Indonesia 2018. (humas)

Festival Jengkol Indonesia 2018 di Bekasi

BEKASI (IndependensI.com)-
Festival Jengkol Indonesia 2018, diselenggarakan,  Minggu, (25/3/2018) di BTC Mall Bekasi Timur, Kota Bekasi. Penjabat (Pj) Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah menghadiri festival  dan ia mengapresiasi 2kegiatan tersebur.

Ia  mengakui salah satu penggemar jengkol.
“Banyak juga ternyata olahan jengkol. Tidak hanya diolah menjadi semur dan balado saja,” kata Ruddy usai mencicipi berbagai olahan jengkol seperti Martabak Jengkol, Kerak Telor Jengkol, dan Jus Jengkol .

Selain itu di festival ini disuguhkan olahan jengkol seperti sambel, bakso, pasta, somai, nasi bakar, dan lainnya. “Luar biasa. Hidup jengkol,” kata Ruddy.

Jengkol ujarnya, salah satu bahan makanan khas Indonesia. Dan masyarakat pun harus tahu kelebihan dan manfaat serta vitamin yang dikadung jengkol disamping sudah terkenal karena aroma baunya.

“Bisa untuk penurun kolesterol, vitalitas, menekan diabet dan lainnya. Bila diolah dengan baik, baunya juga akan berkurang,” sambung Ruddy. Iaberharap kuliner jengkol semakin variatif dan dimasifkan ditengah masyarakat.

“Pemkot Bekasi terus mendukung inovasi tiap pemuda dan masyarakat guna memajukan budaya daerahnya,” ia menegaskan.

Ketua panitia festival, Kamila mengatakan setelah berhasil digelar di Kota Bekasi sejak 23-25 Maret 2018, Festival Jengkol Indonesia 2018  akan segera digelar di Karawang.

“Kita kenalkan olahan jengkol ke semua daerah untuk melestarikan jengkol sebagai kuliner khas Indonesia,” kata Kamila. Festival ini pun dihadiri banyak pengunjung. (adv/humas/jon)