Ilustrasi. Ujian Nasional SMK berbasis komputer. (Direktorat Pembinaan SMK - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Hari Ini, 1,48 Juta Siswa SMK Ikuti Ujian Nasional

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 1.485.302 siswa dari 13.054 sekolah menengah kejuruan (SMK) akan mengikuti ujian nasional (UN) yang di hari ini Senin (2/4/2018) hingga Kamis (5/4/2018).

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 12.495 SMK atau 1.459.062 siswa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sisanya melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Bakhrun di Jakarta seperti dilansir dari Antara.

Setelah siswa SMK menggela UN, disusul kemudian siswa SMA yang akan menggelar UN pada 9 hingga 12 April dan sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat pada 23 hingga 26 April.

Sementara, UN susulan untuk SMK dan SMA sederajat akan diselenggarakan pada 17 hingga 18 April dan untuk SMP sederajat pada 8 hingga 9 Mei.

Bakhrun mengatakan proses sinkronisasi khususnya untuk pelaksanaan UNBK berlangsung lancar dan tidak ada kendala.

“Kami berharap pelaksanaan UN yang dimulai pada pagi hari ini juga berlangsung lancar,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta meminta siswa untuk menjauhi kecurangan pada UN dan Ujian Siswa Berstandar Nasional (USBN).

“Jangan lupa berdoa dan menjunjung tinggi kejujuran serta menjauhi kecurangan,” kata Muhadjir.

Mendikbud menjelaskan prestasi memang penting tetapi jujur harus lebih diutamakan. Untuk itu dia berpesan pada siswa untuk percaya pada kemampuan sendiri dan menjauhi segala bentuk kecurangan.