Logo FAI 2018. (Istimewa)

FAI Siap Digelar

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) akan menggelar kejuaraan empat cabang olahraga bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2018 di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, pada 16-22 April.

“Kejuaraan ini sekaligus menjadi ajang uji coba bagi atlet-atlet nasional kita yang akan bertanding dalam Asian Games 2018 karena saat ini atlet-atlet pelatnas itu masih melakukan persiapan Asian Games,” kata Ketua Umum PB PRSI Anindya N. Bakrie seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/04/2018).

Anindya mengatakan, Festival Akuatik Indonesia 2018 melanjutkan kejuaraan serupa di Palembang, Sumatera Selatan, pada 2017 yang terbagi dalam kelompok-kelompok umur peserta. Festival ini untuk kali kedua diadakan, terbagi dalam empat kategori lomba yaitu lomba renang di Kolam Renang KONI Jatim Surabaya pada 16-19 April, lomba renang artistik di Kolam Renang Sendang Delta Sidoardjo pada 16-18 April, lomba loncat indah di Kolam Renang Graha Resident Surabaya pada 18-21 April, lomba polo air di Kolam Renang Sendang Delta Sidoardjo pada 19-22 April.

Para perenang elit nasional yang saat ini masih berlatih di Australia jelang Asian Games seperti Siman Sudartawa, Indra Gunawan, Triady Fauzi, Fadlan Prawira, Ricky Anggawijaya, Patricia Yosita, dan Ressa Kania Dewi juga mengikuti FAI 2018 di Jawa Timur. Begitupula, atlet-atlet pelatnas PRSI yang menjalani pelatihan di Bali seperti Adinda Larasati Dewi, Azzahra Permatahani, Nurul Fajar, AA Istria Kania Ratih, dan Vanessae Evato juga akan mengikuti FAI 2018.

Sedikitnya enam daerah yaitu DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara akan bertanding pada cabang polo air putra. Sedangkan pada pertandingan polo air putri, lima daerah akan saling bersaing yaitu DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Kemudian, perlombaan cabang renang artistik atau renang indah akan diikuti 28 atlet dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Sebanyak 90 atlet dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan akan mengikuti perlombaan loncat indah FAI 2018. Selain atlet-atlet enam daerah itu, 10 atlet putra dan putri dari Selangor, Malaysia, juga akan mengikuti perlombaan loncat indah di ajang FAI itu.