Ilustrasi. (Dok/Ist)

Pemkot Palembang Siapkan “Media Center Broadcasting”

PALEMBANG (IndependensI.com) – Pemerintah Kota Palembang mempercantik gedung Sriwijaya Promotion Center (SPC) di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, yang akan dijadikan Media Center Broadcasting (MBC) pada Asian Games XVIII 18 Agustus – 2 September 2018.

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palembang yang juga Wakil Ketua Panitia Asian Games 2018 (INASGOC) Provinsi Sumatera Selatan, Akhmad Najib mengatakan, gedung ini akan digunakan sekitar 1.000 orang jurnalis dari berbagai media baik dalam negeri maupun luar negeri. “Gedung sudah siap, tinggal lagi memolesnya. Bagian luar tinggal dirapikan, taman-tanam dipercantik, dan sarana dan prasarana harus dipastikan tersedia karena ini untuk menunjang kerja wartawan,” kata Akhmad seperti dikutip dari Antara, Rabu (02/05/2018).

Akhmad menambahkan, untuk itu pemkot telah menunjuk instansi terkait untuk membersihkan bagian luar dan dalam gedung MBC ini. Mengenai kelengkapan fasilitasnya, ia memastikan panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) akan menyediakan jaringan internet, komputer, printer, dan layar monitor pertandingan. Selain itu, bakal disiapkan ruang istirahat dan relaksasi. Bukan hanya itu saja, Pemkot Palembang juga memanfaatkan MBC ini sebagai sarana promosi daerah karena akan ada boot yang memajang beragam kerajinan khas daerah.

Lebih jauh Akhmad mengatakan, gedung SPC ini direncanakan akan digunakan pemerintah kota sebagai Mall Pelayanan Publik seusai Asian Games yang akan dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang. “Usai perhelatan Asian Games gedung ini akan digunakan sebagai mall pelayanan. Artinya, gedung ini akan kita sulap semenarik mungkin,” tandasnya. Palembang akan menjadi penyelenggara Asian Games 2018 bersama Jakarta.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) mendaulat kota ini menyelenggarakan 13 cabang olahraga, tiga di antaranya non-Olympic Games, termasuk sepak takraw dan boling. Sedangkan cabang yang masuk kategori Olimpiade meliputi kano, menembak, voli pantai, dan tenis.