pemudik sepeda motor
Pemudik sepeda motor. (foto istimewa)

Jalur Pantura Padat Merayap

JAKARTA (IndependensI.com) – Arus lalu lintas di jalur pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat padat merayap, Selasa (12/6/2018) siang.

Lalu lintas didominasi pemudik sepeda motor yang datang dari Jabodetabek menuju wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Membeludaknya pemudik sepeda motor dan banyak persingan jalan membuat arus kendaraan tersendat sepanjang 3 kilometer.

Kepadatan lalu lintas terpantau di sejumlah titik jalur pantura Cirebon. Seperti di baypass Kedawung, pemudik sepeda motor tampak menyemut di sela-sela kendaraan roda empat. Saking padatnya arus kendaraan, tak sedikit pengendara yang nekat melintas di trotoar.

Tersendatnya arus lalu lintas di jalur pantura Cirebon juga disebabkan adanya sejumlah titik persimpangan ketapel. Simpang tiga yang mengarah ke Kota Cirebon dan Jawa Tengah tersebut menjadi titik kemacetan karena padatnya arus kendaraan dari berbagai arah. Petugas memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan.

“Tiga hari menjelang Lebaran, jumlah kendaraan yang melintas di jalur pantura Cirebon meningkat signifikan, khususnya pemudik sepeda motor. Sejak Selasa (12/6/2018) pagi, mereka sudah membanjiri jalur pantura,” kata Kepala Pospam Kedawung, Cirebon, AKP Tutu Mulyana, Selasa (12/06/2018) siang.

Hingga berita ini diturunkan, ribuan pemudik sepeda motor masih terus mengalir memadati jalur pantura. Petugas memerkirakan jumlah kendaraan akan terus meningkat pada sore serta malam nanti dan mencapai puncaknya pada dua hari menjelang Lebaran.(BM/ist)