Pemain Meksiko, Hirving Lozano, merayakan golnya ke gawang Jerman pada penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia, Minggu (17/6/2018). (Foto: Sky News)

Fans Meksiko Memicu Gempa

JAKARTA (IndependensI.com) – Rakyat Meksiko merayakan kemenangan tim nasionalnya atas Jerman di Piala Dunia 2018. Mereka melompat-lompat kegirangan di jalanan setelah pertandingan usai. Getaran yang ditimbulkan cukup keras hingga tercatat di alat pendeteksi gempa di Mexico City.

Meksiko mengalahkan Jerman 1-0 pada penyisihan Grup F di Moskow, Rusia, Minggu (17/6/2018). Gol tunggal “El Tri” dihasilkan Hirving Lozano di menit 35. Hingga laga berakhir, Meksiko mampu mempertahankan keunggulannya atas Jerman.

Meski baru pertandingan pertama, rakyat Meksiko sudah berpesta layaknya juara. Mereka bangga karena tim nasionalnya mampu mengalahkan tim peringkat satu FIFA. Warga Mexico City turun ke jalan, mengibarkan bendera nasional, dan menyanyikan lagu kebangsaan tak resminya, “Cielito Lindo” (Langit yang Cerah).

Warga Meksiko juga membanjiri alun-alun kota. Mereka datang bersama keluarganya untuk menyaksikan siaran langsung di lapangan yang berada di depan katedral kota.

Begitu Lozano bikin gol, para penonton melompat-lompat dan berteriak, “Ya, kita bisa!”

Lembaga pemantau cuaca dan geologi Meksiko (SIMMSA) mengatakan bahwa detektor gempa mencatat getaran yang berasal dari dua lokasi di ibu kota. Getaran itu terjadi sekitar tujuh detik setelah gol tercipta. Lembaga itu menyebutnya sebagai “gempa artifisial”.

Di pelataran monumen Malaikat Kemerdekaan usai pertandingan, Rodolfo Pulido (47 tahun), memimpin yel-yel “Meksiko! Meksiko! Meksiko!”. Mereka membanjiri jalan yang biasanya macet.

“Saya amat gembira,” kata Pulido, yang datang bersama pacar dan putranya di Hari Ayah. “Saya seperti dapat hadiah ganda: Meksiko menang dan saya merayakan bersama putra saya.”

Dia juga mengatakan bahwa sekarang Meksiko pantas maju ke tahap berikutnya bersama 15 tim lain, punya peluang mencapai perempat final, bahkan hingga semifinal dan final.

“El Tri” sudah sering masuk Piala Dunia. Tapi tim dari Amerika Tengah itu gagal lolos ke babak 16 besar di enam Piala Dunia terakhir.

Calon presiden Andres Manuel Lopez Obrador menyampaikan ucapan selamat dalam kampanyenya. “Seperti kemenangan yang diraih tim kita hari ini, Meksiko akan terus meraih kemenangan,” kata Obrador seperti dikutip kantor berita Reuters.

Fans di media sosial memuji penampilan kiper Guillermo Ochoa. Meme foto dirinya sebagai presiden Meksiko viral di dunia maya.

Ada juga netizen yang mengaitkannya dengan rencana Presiden AS Donald Trump membuat dinding pembatas antara kedua negara. Foto Ochoa menjaga gawang diberi teks “Hey! Kami sudah punya dinding”.

Meme lain menggambarkan Kanselir Jerman Angela Merkel menelepon dengan teks “Donald? Ini Angela. Dirikan dindingnya”.

Meksiko akan menghadapi Korea Selatan pada lanjutan penyisihan Grup F di Rostov, Sabtu (23/6/2018). Satu lawan lagi yang harus dihadapi adalah Swedia.