Harry Kane
Harry Kane. (foto istimewa)

Southgate Semakin Optimistis dengan Penampilan Inggris

JAKARTA (IndependensI.com) –  Inggris makin dijagokan untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2018.

Keberhasilan The Three Lions menghancurkan Panama 6-1 menjadi pembuktiannya layak diperhitungkan di turnamen sepak bola terakbar tersebut.

Inggris sendiri mengawali perjuangannya dengan menuai dua hasil positif. Setelah menumbangkan Tunisia 2-1 pada laga pertama Grup G, mereka berhasil mengandaskan Panama. Keberhasilan itu berkat hattrick Harry Kane pada menit 22, 45, dan 62, dua gol dari John Stones 8, dan 40, serta tendangan indah dari Jesse Lingard pada menit ke-36.

Capaian itu sekaligus membuat The Three Lions memastikan meraih satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Bagi Lingard, keberhasilan ini tentu membuatnya merasa sangat senang dengan melihat perkembangan positif yang ditunjukkan timnya.

Apalagi, gelandang Manchester United itu juga semakin optimistis timnya bisa melangkah lebih jauh di Piala Dunia kali ini. Menurut dia, mengulang prestasi Inggris pada Piala Dunia 1966 menjadi satu hal yang sangat mungkin mereka rengkuh.

“Sungguh perasaan yang sangat luar biasa, bahkan lebih baik karena kami menang,” kata Lingard, dilansir bccsport .

“Kami sekarang memuncaki klasemen grup dan bisa menatap lawan berikutnya Belgia dengan kepercayaan diri yang bagus. Ini sungguh luar biasa berada di sekitar tim ini karena ada semangat yang besar menaungi tim saat ini,” sambungnya.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate juga optimistis dengan penampilan pasukannya dalam dua pertandingan terakhirnya, termasuk Harry Kane yang menjadi pemain Inggris ketiga yang mencetak hattrick pada Piala Dunia. Apalagi, penyerangnya itu kini menjadi pendulang gol terbanyak dengan lima gol pada Piala Dunia 2018.

Meski sudah memastikan ke babak 16 besar, Southgate belum memberikan jawaban yang tepat apakah merotasi pemainnya saat menjalani laga penentuan juara Grup G menghadapi Belgia di Kaliningrad Stadium, Jumat (29/6) dini hari WIB. Apalagi, dia ingin menjaga momentum positifnya tersebut.

Namun, Southgate juga ingin memberikan kesempatan bagi pemain yang belum bermain di Rusia. “Saya pikir itulah yang harus kami lakukan dalam waktu 36 jam ke depan, memutuskan prioritas kami. Bagi saya, keharmonisan tim adalah hal yang sangat penting. Saya memiliki kepercayaan penuh pada semua pemain,” ujar Southgate.

“Pada saat ini pikiran saya adalah memberi kesempatan kepada para pemain yang belum bermain banyak, tetapi saya harus mempertimbangkan segalanya sebelum saya memutuskan tim saya,” ujarnya.

Dalam skenario yang paling mungkin, tim juara Grup G dijadwalkan untuk bertemu Brasil atau mungkin Jerman pada perempat final, dengan tim seperti Prancis, Spanyol, Argentina, atau Portugal akan menjadi lawan sesudahnya. Untuk runner-up di Grup G, mereka kemungkinan akan bermain melawan Meksiko pada perempat final.(BM/ist)