Pemain dan pelatih Belgia merayakan kemenangan 2-1 atas Brasil pada perempat final Piala Dunia 2018 di Kazan, Rusia, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Spekulasi Martinez Berbuah Manis

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Roberto Martinez menerapkan pola permainan berbeda saat Belgia mengalahkan Brasil 2-1 pada perempat final Piala Dunia 2018 di Kazan, Rusia, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB.

Pelatih Belgia itu menanggalkan pola 3-4-2-1 yang sebelumnya digunakan. Dia mengagetkan pelatih Brasil, Tite, dengan memainkan pola 4-3-3. Kevin De Bruyne dipasang agak ke belakang, tapi disiagakan untuk memotori serangan balik.

Spekulasi Martinez berbuah manis. Belgia menang dan lolos ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya. Gol Belgia dihasilkan dari bunuh diri pemain Brasil di menit 13 dan tendangan akurat De Bruyne dari tepi kotak penalti di menit 31. Satu-satunya balasan Brasil dicetak Renato Augusto dengan sundulan di menit 76.

“Saya memberi taktik yang amat sulit buat para pemain. Tapi itu memberikan kami keunggulan taktik. Kita tidak bisa bermain seperti biasa dan berharap bisa mengalahkan Brasil. Kami harus menerapkan taktik yang berbeda di Piala Dunia. Pemain juga harus yakin bisa menerapkannya di lapangan,” kata Martinez di laman fifa.com.

Pemain dan pelatih Belgia merayakan kemenangan 2-1 atas Brasil pada perempat final Piala Dunia 2018 di Kazan, Rusia, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB.

“Brasil bisa menyesuaikan diri dengan taktik kami di babak kedua. Saat itu, permainan bukan lagi soal taktik tapi soal kegigihan dan kepercayaan diri. Itulah aspek yang harus diperlihatkan untuk menjadi tim hebat. Taktik dan kegigihan harus berjalan seiring,” ujar mantan pelatih Wigan dan Everton itu.

“Banyak aspek yang membuat saya bangga. Pertama adalah kinerja dan kepercayaan diri pemain. Di terowongan, para pemain tampak percaya diri bahwa mereka bisa menang. Itu terpancar dari mata mereka. Yang kedua adalah reaksi mereka setelah kemasukan gol,” kata Martinez.

Tite mengakui keunggulan Belgia. Pujian khusus disampaikan terhadap kiper Thibaut Courtois.

“Tidak ada hubungannya dengan keberuntungan. Mereka memang bermain bagus. Ditambah lagi mereka punya Courtois. Apakah dia beruntung? Bukan, dia memang bagus,” kata Tite.

Belgia akan menghadapi Prancis, yang beberapa jam sebelumnya menang 2-0 atas Uruguay di Nizhny Novgorod. Gol Prancis dicetak  Raphael Varane di menit 40 dan Antoine Griezmann di menit 61. Laga semifinal akan berlangsung di St Petersburg, Selasa (10/7/2018).

Perempat final lainnya mempertemukan Swedia dan Inggris di Samara, Sabtu malam nanti mulai pukul 21.00 WIB. Satu pertandingan lagi, Rusia melawan Kroasia, akan digelar di Sochi pada Minggu (8/7/2018) mulai pukul 01.00 WIB.