Mensos RI Serahkan Bantuan Jadup Tahap 3 Korban Erupsi Sinabung

KARO (IndependensI.com) – Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan jaminan hidup (jadup) untuk korban erupsi Gunung Sinabung di hunian sementara pada relokasi tahap tiga Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara.
Kedatangan Mensos RI ke Tanah Karo langsung di sambut oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di dampingi Wakil Bupati Karo Corry S Br Sebayang, sejumlah  Tokoh Adat dan jajaran Forkopinda Kabupaten Karo. Pada kesempatan tersebut tampak tokoh adat menyematkan kain Beka Buluh dan Pisau Tumbuk Lada yang menjadi ciri khas suku Karo pada umumnya.
Dalam Sambutannya Mensos menyampaikan “Pesan Bapak Presiden apabila ada anak bangsa yang terkena masalah bencana harus diberikan bantuan. Ini bentuk tanggung jawab negara kepada rakyat,” kata Mensos dihadapan pengungsi erupsi Sinabung di Pendopo Bupati Tanah Karo, di Kabanjahe, Senin (9/7/2018).
Mensos didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat, Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana dan sejumlah pejabat lainnya menyerahkan jadup secara simbolis kepada perwakilan pengungsi.
Jadup yang diberikan mencapai lebih dari Rp 6,9 miliar untuk 7.690 jiwa pengungsi dari Kecamatan Namanteran, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Tiganderket.
Mensos mengatakan, sejak awal Gunung Sinabung erupsi hingga saat ini total bantuan yang sudah diserahkan pemerintah mencapai Rp79 miliar. “Saya ingatkan, mohon uang itu betul-betul digunakan untuk kepentingan keluarga,” kata Mensos.
Mensos juga mengatakan, pemerintah akan terus memberikan perhatian kepada rakyat termasuk yang menjadi korban bencana.
Idrus Marham juga meminta Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana untuk menginventarisir warganya yang menjadi korban erupsi yang tidak mampu dan akan diikutsertakan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) maupun penerima rastra. (Daris Kaban)