ASN Bappeda Pemkot Bekasi saat mengikuti training. (humas)

Tingkatkan Kinerja, ASN Bappeda Kota Bekasi Ikut TOT

Loading

BEKASI (IndependensI.com) – Guna meningkatkan kinerja yang lebih baik,  seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugs di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, selama tiga hari mengikuti  Training  of  Trainer (TOT), kemarin. Kegiatan tersebut  dalam penyusunan  rencana strategi kegiatan, serta pendampingan dan verifikasi rencana strategis perangkat daerah ( Renstra PD) Bappeda Kota Bekasi tahun 2018 – 2023.

Pelatihan berlangsung pekan, dan dalam kegaitan TOT, Kepala Bappeda  Koswara Hanafi, serta Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur,  dan pengawasan, Kementrian Pendayagunaan Aparatur  Negara Dan Birokrasi (PAN RB), Umu Nurhanifah  menjadi nara sumber.

“Tentang  akuntabilitas  bagi kinerja ASN  Bappeda Kota Bekasi, agar dapat mencerminkan akuntabilitas intansi Pemerintah, dalam mempertanggungjawabkan  hiasil dari manfaat dan seluruh pengguna anggaran  negara atau daerah secara efektif  efisien dan ekonomis,” Umu Nurhanifah.

Menurutnya, bagi  ASN  Bappeda harus dapat  mengevaluasi perencanaan  kinerja, pelaporan kinerja, pengukuran kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja.

“Tujuannya supaya komponen  evaluasi akuntabilitas kinerja berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bappeda Kota Bekasi  Koswara Hanafi menyampaikan, serta meminta dapat memahami pemaparan dan memahami kinerja masing-masing sesuat  tupoksinya agar dalam menjalankan tugas bisa mejadi lebih baik lagi.

“Dari kegiatan TOT Renstra PD tersebut, saya berharap seluruh ASN Bappeda harus  lebih cermat dalam membuat laporan dan juga program. Jika satu sama lain   ASN  Bappeda tidak  bersinergi, maka  perencanaan hanyalah  perencanaan  dan tidak aka nada hasilnya  bagi Kota Bekasi,” ujarnya.

Pencapaian  penggunaan bagi Kota Bekasi , memang dibutuhkan perencanaan yang sangat matang dan kerjasama denga dinas-dinas terkait. Intinya, agar pembangunan di Kota Bekasi berjalan dengan baik dan lancar,  Koswara menegaskan. (jonder sihotang)