Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Istimewa)

Jepang Hentikan Perlawanan Indonesia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim bulutangkis junior Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang di babak penyisihan grup D Asia Junior Championships 2018. Indonesia kalah 2-3 pada laga yang berlangsung di Jaya Raya Sport Hall Training Center, Jakarta, Minggu (15/07/2018).

“Hasil di grup ini Indonesia jadi runner up. Prediksi lawan Jepang memang ramai. Tapi kalau dilihat penampilan para atlet, bisa dibilang masih belum maksimal,” kata Ricky Soebagdja selaku wakil manajer tim Indonesia seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI. Dua poin pertama melayang dari genggaman Indonesia, setelah pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan tunggal putra, Alberto Alvin Yulianto kalah.

Indonesia sempat menahan laju Jepang setelah Ghifari Anandaffa Prihardika/Pramudya Kusumawardana Riyanto merebut kemenangan 17-21, 21-6 dan 23-21. Mereka mengalahkan Hiroki Midorikawa/Hiroki Nakayama dalam waktu 50 menit. Sayang di partai keempat, Stephani Widjaja tak berhasil mengatasi Hirari Mizui dengan baik. Stephani kalah dua game langsung, 16-21 dan 7-21 dari Mizui.

Di partai terakhir, pasangan ganda putri Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti menyumbangkan satu poin buat Indonesia. Mereka sukses menang dari Natsu Saito/Rumi Yoshida dengan skor 21-18 dan 22-20. Hasil pertandingan Agatha/Fadia memperkecil jarak kekalahan Indonesia 2-3 dari Jepang.

“Saat pemilihan atlet kami sudah berdiskusi dengan pelatih, mana yang paling pas. Untuk di tunggal putri, sayang penampilannya tidak sesuai harapan. Ini yang nanti harus dievaluasi penyebabnya,” tambah Ricky. “Secara keseluruhan, kami akan mengevaluasi pemain, dari segi permainan, daya juang dan sebagainya. Untuk yang menang kami juga mengapresiasi, karena tidak mudah juga tadi di lapangan,” lanjut Ricky.

Meski kalah, Indonesia dipastikan lolos ke babak perempat final sebagai runner up grup D. Selain Indonesia dan Jepang, enam negara lain yang lolos ialah Tiongkok, Malaysia, Thailand, Taiwan, Korea dan India.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan Jepang:

Ganda Campuran
Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Hiroki Midorikawa/Natsu Naito: 13-21, 21-12, 17-21

Tunggal Putra
Alberto Alvin Yulianto vs Taiki Kato: 20-22, 18-21

Ganda Putra
Ghifari Anandaffa Prihardika/Pramudya Kusumawardana Riyanto vs Hiroki Midorikawa/Hiroki Nakayama: 17-21, 21-6, 23-21

Tunggal Putri
Stephani Widjaja vs Hirari Mizui: 16-21, 7-21

Ganda Putri
Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Natsu Saito/Rumi Yoshida: 21-18, 22-20