Rifanty Kahfiani. (Istimewa)

Rifanty dan Fitriani Lewati Laga Awal

JAKARTA (IndependensI.com) – Dua petenis tuan rumah Rifanty Kahfiani dan Fitriana Sabrina berhasil memenangi laga awal kualifikasi turnamen tenis berhadiah total US$ 15.000 atau sekitar Rp 210 juta Widya Chandra Women’s Circuit International Tennis 2018 di lapangan tenis Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/07/2018). Fitriana menang straight set atas petenis Singapura, Sarah Pang 6-2, 6-0, sedangkan Rifanty harus berjuang keras untuk menyingkirkan petenis India, Nithya Raj Babu Raj 7-6(4) 7-6(2).

Pada babak final kualifikasi, Senin (16/7), Rifanty akan menantang unggulan ketiga asal Australia, Lisa Mays. Fitriana bakal menjajal ketangguhan seeded kelima dari India, Snehal Mane. Tuan rumah telah menempatkan lima petenis di babak utama seri kedua kejuaraan tenis internasional khusus putri dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) ini. Juara tunggal seri pertama di Solo, Aldila Sutjiadi menjadi satu-satunya wakil Merah Putih yang lolos langsung (direct acceptance) karena berperingkat ke-753 dunia. Empat petenis lain, yaitu Deria Nur Haliza, Joleta Budiman dan Fitriani Sabatini serta Priska Madelyn Nugroho masuk babak utama dengan memanfaatkan fasilitas wild card tuan rumah.

“Hampir semua peserta seri pertama di Solo mengikuti seri kedua di Jakarta pekan ini, namun ada petenis dengan peringkat lebih bagus yang hanya ikut seri kedua saja. Hal ini terlihat dari berubahnya komposisi petenis unggulan pekan ini,” tutur Susan Soebakti selaku Direktur Turnamen Pelti-Widya Chandra Women’s Circuit International Tennis 2018. “Persaingan tentu saja akan lebih ketat dan turnamen ini akan menjadi uji coba yang baik bagi petenis Indonesia yang dipersiapkan menuju Asian Games 2018,” kata Susan seperti dikutip dari rilis PP Pelti.