Ahmad Aqeel Aleem Anwar
Ahmad Aqeel Aleem Anwar. (foto BM/Independensi)

Aqeel Aleem Bawa AISA Juarai Grup C AQUA Danone Nations Cup 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Semangat berlipat dan aksi tidak kenal lelah dari Aqnaya Imran Soccer Academy (AISA), sekolah sepak bola (SSB) asal Kalimantan Timur,  dalam ajang AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC) 2018, membuahkan hasil membanggakan.
Unjuk kemampuan dan mental juara di Stadion GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Sabtu (21/07/2018) pagi hingga siang, Ahmad Aqeel Aleem Anwar dan kawan-kawan menjadi juara Grup C dengan torehan tujuh poin hasil menang dua kali dan imbang satu kali. Riciannya menang dari Bali (1-0), imbang dengan Jatim 2 (0-0), dan menang atas Jatim 1 skor 2-0.
Meski demikian, Pelatih AISA, Oki, masih belum puas dengan penampilan anak asuhnya meskipun sudah memastikan diri lolos ke babak 8 besar.
Pada laga terakhir, harus bersusah payah meraih hasil menang. “Kami tahu bakal banyak dituntut dari tiga laga ini. Tapi kami bisa memberikan perlawanan san menyulitkan lawan,” ujarnya usai laga.
“Kami ingin mendapatkan mimpi, kami harus detail dan kritis terhadap diri sendiri, lalu sadar jika terdapat banyak ruang untuk perbaikan. Kami juga siap untuk laga besok,” tutur pelatih berlisensi B yang pernah menangani di antaranya Pra PON Sumatera Utara (2003), PON Sumut (2014), pembinaan PSMS U-19 dan PSMS di Super League tersebut.
Di babak selanjutnya, AISA sudah ditunggu NTT. Menanggapi hal ini, Oki mengakui dirinya belum memikirkan hal tersebut.
“Saya tak bisa senang atau tak senang bertemu lawan di babak selanjutnya. Kami senang telah lolos. Kami tak berpikir soal laga lain, kami harus bergantung pada diri sendiri, tentu akan sulit untuk terus melaju, tapi kami selalu siap,” tukasnya.
Sementara itu, AQUADNC 2018 telah menyelesaikan semua pertandingan di fase grup. Setelah perhelatan putaran grup, muncul tim-tim yang lolos ke fase gugur pertama atau babak 16 besar.
“Besok (Minggu) kita main sistem gugur, lalu ada sistem peringkat. Pertama kita mencari empat besar, lalu sisanya mencari peringkat,” terang Agus Sutaryo, salah satu panitia penyelenggara AQUADNC 2018.
“Hari ini semua regulasi berjalan sangat baik, peserta disiplin, penonton juga tertib dan menjaga kebersihan, pertandingan di masing-masing grup menyelesaikannya juga dengan baik,” sambung sosok berkumis tersebut.
Gelaran AQUADNC 2018 kini berjalan meriah. Tim-tim peserta beradu kemampuan memperebutkan tiket ke Spanyol.
Juara final nasional AQUA Danone Nations Cup 2018 nantinya akan dikirim ke final dunia Danone Nations Cup yang digelar di Spanyol. Ini untuk memperingati ulang tahunnya ke-100 di tahun depan (2019).
Selain itu, tim pemenang akan mendapatkan kesempatan mendukung langsung timnas sepak bola di Asian Games 2018. Ini dilakukan untuk memotivasi anak-anak untuk bekerja keras agar bisa menjadi pemain timnas.
Sebagai catatan, tahun ini, AQUA Danone Nations Cup diikuti oleh 150.000 anak-anak dan lebih dari 10.000 sekolah bola di seluruh Indonesia. Angka ini mengalami peningkatan dari pencapaian di tahun 2017 yaitu 126.000 anak-anak.
AQUA Danone Nations Cup juga telah melahirkan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mewujudkan mimpi menjadi pesepakbola profesional dan menjadi pilar-pilar utama sepak bola Indonesia seperti Andik Vermansah, Evan Dimas, Rasyid Bakri, Paolo Sitanggang, serta Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.(exe)
Daftar tim:
Sumut vs Jabar
Kaltim vs NTT
DKI Jakarta vs Banten
Papua vs Jatim 2
Sulut vs Aceh
Bali vs Jateng
Jabar 1 vs Jatim
Sulbar vs Kepri