Menhan, Panglima dan Kapolri Estafet Kirab Obor di Palembang

PALEMBANG (IndependensI.com) – Setelah dari Jambi, api obor Asian Games XVIII tiba di Palembang, Jumat sore, 3 Agustus 2018. Setibanya di kota yang menjadi tuan rumah penyelanggaraan Asian Games tahun ini, api obor tersebut akan diarak ke jantung Kota Palembang, Sabtu pagi, 4 Agustus 2018.

Sesuai rencana, obor Asian Games akan di bawa mengelilingi ruas jalan Protokol di kota Palembang sepanjang 24 kilometer. Kirab akan dimulai dengan prosesi membawa api obor menuju Stadion Jakabaring Sport City (JSC) dengan atraksi udara yang dilakukan TNI AU.

Usai atraksi penerbangan oleh anggota Paskhas yang melibatkan puluhan penerjun api obor diserahkan ke Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selanjutnya, api obor diserahkan ke Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu. Kemudian Menhan menyerahkan ke Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Prosesi penyerahan ini akan diiringi dengan penampilan seni dan budaya Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan kemudian membawa obor tersebut keluar kawasan JSC menuju torth bearer 1 sepanjang 100 meter. Dari Gubernur Sumsel api obor kemudian diserahkan kepada Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian dan dilanjutkan kepada unsur muspida di daerah, mulai dari Pangdam II Sriwijaya, Kapolda, Ketua DPRD Sumsel, dan lainnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, kirab obor Asian Games di Palembang dikhususkan dengan tim udara mempunyai makna bahwa awal pengambilan api obor Asian Games di India menggunakan pesawat.

“Kita harus ingat dirgantara adalah suatu kekayaan dan karena dirgantara lah kita bisa mengamankan wilayah melalui dirgantara,” katanya.