Pebasket Indonesia Jamarr Johnson (tengah) melakukan Lay-up melewati pemain Thailand Bandit Lakha di pertandingan babak penyisihan Grup A Asian Games ke 18 di Hall Basket Senayan, Jakarta Senin (20/8/2018). (ANTARA/INASGOC)

Indonesia Hentikan Thailand

JAKARTA (IndependensI.com) – Timnas basket Indonesia sukses menghentikan perlawanan Thailand dan meraih kemenangan perdana mereka dalam laga penyisihan Grup A bola basket putra Asian Games 2018 dengan skor 98-86 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018). Kemenangan itu memperbaiki posisi Indonesia di klasemen sementara dengan menempati peringkat ketiga lewat koleksi 3 poin, di bawah Thailand yang tetap berada di peringkat kedua.

Kendati demikian, di atas kertas peluang Indonesia untuk melaju lebih besar jika bisa meraih hasil positif kala menghadapi Mongolia di laga pamungkas, Sabtu (25/8), kendati Thailand yang harus melawan juara bertahan Korea Selatan tiga hari sebelumnya. Pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson jadi bintang kemenangan Indonesia dengan catatan double-double yang diraihnya lewat 28 poin dan 16 rebound, diikuti 18 poin milik Xaverius Prawiro, 16 poin Andakara Dhyaksa Prastawa dan 13 poin Abraham Damar Grahita. Sedangkan Thailand, skor tertinggi diraih Nakorn Jaisanuk memborong 28 poin, dibantu masing-masing 14 poin dari Tawatchai Suktub, Anasawee Klaewnarong dan Chitchai Ananti.

Pada laga akhir, tiga big man terkena foul out di kuarter keempat yakni Koming, Adhi Pratama Putra dan Arki Dikania Wisnu.

“Saya memberikan apresiasi bagi anak-anak. Mereka berjuang agar bisa menuai kemenangan ini,” ujar pelatih timnas Indonesia, Fictor Roring usai berlaga. Dia mengakui, para asuhannya dipaksa untuk tidak istirahat dan tampil semakisimal mungkin layaknya berlaga di babak final.

“Ini sudah seperti babak final sungguhan. Lihat saja mereka bermain dengan sangat maksimal. Effort mereka luar biasa dalam bertanding malam ini,” imbuhnya. Ketika disinggung laga berikut melawan Mongolia, pelatih yang akrab disapa Ito ini enggan berbicara lebih jauh soal strategi dan persiapan yang akan dilakukan.