Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (foto istimewa)

Jokowi Minta Sri Mulyani Tetap Fokus

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, dikabarkan menolak masuk dalam jajaran Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf).

Sri tidak masuk dalam jajaran tim sukses (timses) pasangan tersebut karena harus fokus pada tugasnya.

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding menjelaskan, status Dewan Pengarah TKN  lebih bersifat simbolik dan memberikan arahan strategis.  “Tidak perlu menguras energi dan fokus kerja,” kata Karding saat dikonfirmasi, Selasa (21/8/2018).

Kendati begitu, lanjut Karding, tim Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tetap menghormati keputusan Sri Mulyani yang enggan dimasukkan dalam jajaran Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma’ruf.

Menurut Karding, permintaan agar Sri Mulyani tetap fokus sebagai menteri Kabinet Kerja datang dari Presiden Jokowi.

“Presiden yang meminta, tentu kita hargai dan hormati. Sebagai bentuk kenegarawanan beliau mementingkan kepentingan bangsa daripada perbadinya meminta Bu Sri tetap fokus ke tugas kementerian,” ujarnya.

Diketahui, Sri Mulyani masuk dalam susunan Dewan Pengarah TKN pasangan Jokowi-Ma’ruf bersama anggota kabinet lainnya, seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Di dalam Dewan Pengarah TKN juga tercantum nama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dua politikus senior Golkar Akbar Tandjung dan Agung Laksono, dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno serta beberapa tokoh lainnya.(BM/ist)