Fitriani. (Istimewa)

Putri Indonesia Raih Perunggu

JAKARTA (IndependensI.com) – Bulutangkis beregu putri memastikan medali perunggu untuk tim Indonesia di ajang Asian Games 2018. Para pebulutangkis putri Indonesia dikalahkan Jepang yang merupakan unggulan pertama, dengan skor 3-1. Selasa (21/8/2018). Poin pertama Indonesia diraih Gregoria Mariska Tunjung yang mengalahkan Akane Yamaguchi, dengan skor 21-19, 4-21, 10-21. Hasil ini menambah catatan gemilang Gregoria di ajang beregu. Di Piala Uber 2018, Gregoria selalu menyumbang angka untuk tim Indonesia.

Kali ini di ajang Asian Games 2018, Gregoria kembali menuntaskan tugasnya sebagai tunggal pertama dengan baik. Dalam tiga laga melawan Hong Kong, Korea dan Jepang, Gregoria tak terkalahkan. Di partai kedua, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih belum dapat menahan laju Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Keduanya takluk dengan skor 13-21, 12-21. Di partai ketiga, Fitriani juga tak kuasa mengendalikan Nozomi Okuhara dan Fitri dikalahkan dengan skor 21-19, 4-21, 10-21.

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris yang turun di partai keempat, tak dapat menahan laju perolehan skor Jepang. Rizki/Della dikalahkan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, dengan skor 13-21, 10-21. “Masih sama sih kendalanya, mereka safe banget, kami harus sabar banget. Beban sih nggak ada, kami memang tidak diunggulkan, tapi kami mau berusaha semaksimal mungkin. Kami berusaha fokus sama pertandingan kami sendiri,” ujar Della seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

“Kami sudah mencoba ubah permainan dan ubah strategi, tetapi tetap belum tembus. Di awal permainan, nggak sampai lima pukulan, lawan lalu membuat kesalahan sendiri. Tapi semakin lama mereka semakin sulit ditembus, ” kata Della. “Bola-bola kami sudah ketahuan sama lawan, kita nggak bisa keluar dari tekanan,” tambah Rizki. Della mengaku tak puas dengan penampilannya, meskipun raihan perunggu tepat seperti target pribadinya. “Hasil ini sesuai target pribadi. Jepang memang kekuatannya semua merata, tetapi tidak ada yang tidak mungkin, hasilnya begini ya kami harus terima,” ujar Della. Di babak final, tim putri Jepang akan bertemu dengan Tiongkok yang mengalahkan Thailand di semifinal dengan skor 3-0.