Suasana acara Sepeda Nusantara di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). (Istimewa)

Sepeda Nusantara Sambut Asian Para Games 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Kota Tasikmalaya dibuat sibuk lantaran sebanyak 2.500 pegowes dari berbagai kalangan tumpah ruah meramaikan gelaran Sepeda Nusantara yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah payung “Ayo Olahraga”, Minggu (23/9/2018). Antusiasme tinggi tersebut mendapat apresiasi pemerintah dalam hal ini Kemenpora melalui Tommy Kurniawan selaku staf khusus bidang olahraga mewakili Menpora Imam Nahrawi.

“Saya melihat antusiasnya begitu luar biasa. Terima kasih kepada Bapak Walikota dan seluruh masyarakat di Kota Tasikmalaya. Pokoknya ayo kita semangat olahraga untuk membangun Indonesia,” kata Tommy seperti dikutip dari Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Senin (24/9/2018). Ia menilai antusiasme tinggi dari masyarakat Kota Tasikmalaya untuk berpartisipasi dalam Sepeda Nusantara akan berdampak positif, khususnya menggelorakan hidup sehat. “Karena jika kita rajin berolahraga, kita sehat, Insya Allah kita dapat melaksanakan aktivitas kita dengan baik dan juga lancar,” kata pria yang juga sebagai politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Pada gelaran Sepeda Nusantara Etape Kota Resik (sebutan Kota Tasikmalaya) juga, Tommy juga mengajak kepada masyarakat setempat untuk membantu menggelorakan perhelatan Asian Para Games 2018. Bahkan ia turut meminta restu agar perhelatan akbar olahraga disabilitas empat tahunan tingkat Asia, para atlet Indonesia yang akan bertanding mampu menuai hasil maksimal demi menembus target duduk di enam besar.

Sepeda Nusantara etape Kota Resik sendiri menempuh jarak 11,5 kilometer. Program bertemakan Bangun Indonesia itu turut dihadiri pejabat setempat. Diantaranya Walikota, Sekda, Kapolres, Dan Brigif Galuh serta Kadisporabudpar Kota Tasikmalaya. Sementara dari pusat, selain Kemenpora juga dihadiri anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah.

Dalam sambutannya, Budi Budiman selaku Walikota Tasikmalaya, menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kontribusi dari pemerintah pusat untuk mempercayakan wilayahnya menjadi salah satu titik gelaran Sepeda Nusantara 2018. “Saya berterimakasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menpora terhadap perhatiannya dalam bidang olahraga, khususnya Sepeda Nusantara. Ini menjadi kebanggaan kami,” ucap dia.

Sedangkan Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyambut baik gelaran Sepeda Nusantara Etape Kota Tasikmalaya. Ia menilai bahwa salah satu program unggulan Kemenpora itu menjadi pemicu masyarakat dan Pemkot Tasikmalaya untuk terus gemar berolahraga. “Dalam konteks gowes ini bertujuan memasyarakatkan kembali olahraga agar menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Dan sekali lagi ini sebagai awalan untuk menggerakkan olahraga di kota Tasikmalaya, dan menjadi kebutuhan bagi warga,” jawab politisi Partai Golkar itu.