Masyarakat mengikuti acara Sepeda Nusantara 2018 di Tanggo Rajo, Kabupaten Tebo, Jambi, Minggu (14/10/2018) (Istimewa)

Etape Tanggo Raja Tebo Sarat Wisata Religi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sepeda Nusantara 2018 menjalani etape Tanggo Rajo di Kabupaten Tebo, Jambi, Minggu (14/10/2018). Bupati Tebo, H. Sukandar. S.Kom.Msi dan Ibu Hj. Saniatul Lativa, SE.MM, ikut ambil bagian dalam salah satu program unggulan Kemenpora itu. Selain Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tebo, Asisten Deputi III Kemenpora, Teguh Raharjo, juga beberapa pejabat setempat ikut menggowes sepeda yang menempuh jarak 15 Kilometer dengan mengambil start di Lapangan Merdeka, Kecamatan Tebo Tengah, yang merupakan Ibukota Kabupaten Tebo, dengan rute diantaranya, wisata religi Makam Sultan Thaha, Masjid Agung, Kawasan Olahraga Stadion Kabupaten Tebo.

Acara Sepeda Nusantara kali ini juga dikaitkan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tebo yang ke-19. Kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari seluruh penjuru Provinsi Jambi. “Kami berterima-kasih kepada Kemenpora, yang telah menempatkan daerah kami dari sekian banyak titik di seluruh Indonesia. Ini merupakan satu kehormatan bagi kami karena melalui olahraga sepeda dapat terjalin silahturahmi dan kebersamaan,” kata Bupati Tebo, H.Sukandar, S.Kom.Msi seperti dikutip dari rilis Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI,

Pada kesempatan itu, H. Sukandar, S.Kom, Msi, juga mengatakan, kegiatan olahraga sangat digemari oleh masyarakatnya. Untuk mendukung kegiatan itu, pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana yang cukup menunjang seperti pembangunan Komplek Olahraga di Kecamatan Tebo Tengah seluas 15 hektar dengan fasilitas Stadion Utama Kabupaten Tebo yang memiliki kapasitas 22.000 penonton. Selain membangun fasilitas Trek untuk Jogging di beberapa tempat khususnya tempat wisata Tanggo Rajo, dan di pinggiran Sungai Batang Tebo. “Proses pembangunan stadion tinggal tahapan finishing saja. Kami berharap dapat bantuan dari pemerintah untuk ikut membangun beberapa fasilitas olahraga lainnya di kawasan itu,” kata H. Sukandar, S.Kom, Msi.

Terpisah, Istri dari Bupati Tebo, Hj.Saniatul Lativa, SE.MM yang juga anggota Komisi V DPR-RI mengatakan, kegiatan Sepeda Nusantara 2018 merupakan salah satu upaya sarana promosi daerahnya. “Kami berharap Kabupaten Tebo mendapat perhatian dari pemerintah untuk bersama membangun kabupaten ini,” tandasnya. Sedangkan Asisten Deputi III Kemenpora, Drs. Teguh Raharjo mengatakan, tahun ini Indonesia mencatat sebagai tahun olahraga, selain tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018, program lainnya yang cukup strategis dan potensial yakni melalui program Ayo Olahraga. “Ini merupakan ajakan pemerintah pusat, ini khususnya di Kabupaten Tebo sangat antusias. Ini bisa dijadikan role model bahwa program ini sangat tepat dan di respon positif masyarakat. Target mengajak masyarakat Indonesia Bugar bisa tercapai. Ujung tombaknya di berbagai kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia,” paparnya.